22 Pengertian Sistem Informasi Menurut para Ahli dan Tokoh

Sponsors Link

Saat ini, sistem informasi lebih banyak dikenal sebagai salah satu jurusan perkuliahan pada bidang ilmu komputer yang banyak diminati. Sistem informasi memang sangat penting untuk keperluan teknologi komputer, yang kebanyakan berhubungan dengan sistem jaringan komputer. (Baca juga mengenai Jenis jaringan komputer dan manfaat jaringan komputer)

Apa itu Sistem Informasi?

Apabila dilihat dari susunan katanya, sistem informasi bisa diartikan sebagai suatu sistem atau susunan yang dibuat sedemikian rupa untuk meneruskan suatu proses informasi. Sistem informasi saat ini banyak digunakan pada komputer, namun demikian, pada dasarnya pengaplikasian dari sistem informasi ini tidak melulu hanya berfokus pada komputer, namun teknologi – teknologi lainnya, seperti telegram, telepon rumah, dan masih banyak lagi.

Sebelum membahasa lebih lanjut mengenai sistem informasi, ada dua konsep dasar yang harus dipahami terlebih dahulu dari sistem informasi, yaitu konsep dasar Sistem dan juga Konsep dasar Informasi.

Konsep Dasar Sistem

Sistem atau system merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu systeme. Systeme sendiri merujuk pada arti keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian, dan juga sebagai suatu hubungan yang berlangsung antar komponen secara teratur.

Ada beberapa pengertian dari konsep dasar siste. Berikut ini adalah beberapa pengertian dari konsep sistem :

1. Jerry FithGerald

Fithgerald (dalam Riyadi) mengatakan bahwa sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

2. Ludwig Von Bartalanfy

Bartalanfy (dalam Silfianti) mengatakan bahwa sistem merupakan seperangkat unsur – unsur yang saling terikat satu sama lain dalam suatu inter-relasi diantara berbagai unsur tersebut di dalam sebuah lingkungan.

3. Anatol Raporot

Raporot (dalam Silfianty) mengatakan bahwa suatu sistem merupakan suatu kumpulan dan juga kesatuan dari berbagai perangkat hubungan satu dengan yang lainnya.

4. L. Ackof

Masih dikutip dari Silfianti, Ackof mengatakan bahwa siste merupakan sebuah kesatuan, baik secara konvensional maupun fisik, yang mana terdiri dari bagian – bagian dalam kedaan yang saling tergantung sama lainnya.

5. Benner, dkk (2010)

Disebutkan lagi oleh Benner (2010) bahwa sistem merupakan suatu kumpulan yang kompleks dan juga saling berinteraksi satu sama lainnya apabila kumpulan tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan yang utuh.

6. O’Brien & Marakas (2008)

O’Brien dan Marakas (2008) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sistem adalah sekumpulan komponen – komponen yang saling berkaitan satu sama lain, yang memiliki batasan – batasan tertentu yang jelas. Lebih lanjut dikatakan pula, bahwa sistem dapat saling bekerjsa bersamaan dalam mencapai tujuan, dengan cara menerima input dan menghasilkan output dalam suatu proses yang terorganisir.

Apabila disimpulkan dari beberapa pendapat ahli dan juga tokoh di atas, mak adapat disimpulkan bahwa sistem merupakan sebuah kumpulan komponen dan juga kumpulan rangkaian dari perangkat tertentu yang terintegrasi dan saling berinteraksi satu sama lain di dalam suatu lingkungan tertentu.

Konsep Dasar Informasi

Informasi memiliki beberapa konsep dasar dan juga pengertian menurut banyak ahli dan juga tokoh. Berikut ini adalah beberapa konsep dasar dan juga pengertian dari informasi yang banyak dikemukakan :

1. Riyadi

Riyadi dalam modulnya mengenai konsep dasar sistem informasi mengatakan bahwa informasi merupakan berbagai macam data yang sudah melalui beragam proses menjadi sebuah bentuk tertentu, dimana hasil dari pemrosesan data tersebut nantinya akan memiliki arti tersendiri bagi penerimanya.

2. Laudon dan Laudon (2010)

Laudon dan Laudon (2010) juga menyatakan beberapa definisi mengenai informasi. Mereka mengatakan bahwa informasi merupakan sebuah data yang telah dibuat dan juga diolah dengan metode tertentu ke dalam bentuk yang nantinya akan memiliki arti tertentu bagi manusia sebagai penggunanya.

3. O’Brien & Marakas (2008)

Definisi lainnya mengenai informasi diungkapkan oleh O’Brien & Marakas (2008) yang menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diubah dan diolah ke dalam sebuah konteks yang memiliki makna dan arti tertentu, sehingga berguna bagi end user tertentu.

4. Star & Reynolds (2010)

Dua tokoh lainnya, yaitu Stair dan Reynolds (2010) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan informasi merupakan kumpulan dari fakta yang sudah terorganisisr sedemikian rupa, sehingga memiliki nilai tambah pada usernya, selain fakta individu itu sendiri.

Apabila dibuat menjadi sebuah kesimpulan, maka dapat disimpulkan dan juga diringkas, bahwa pengertian atau definisi dari informasi adalah suatu kumpulan data yang sudah melewati proses pengolahan tertentu, sehingga sudah menjadi lebih terorganisir, dan juga memiliki makna tertentu bagi para pengguna atau usernya.

Pengertian Sistem Informasi

Setelah memahami konsep dasar dari sistem dan juga konsep dasar dari informasi, maka pastinya anda sudah memilki sedikit gambaran mengenai sistem informasi.

Untuk lebih jelas mengenai sistem informasi, berikut ini adalah beberapa pengertian sistem informasi menurut para tokoh, ahli, ilmuwan, dan mereka yang bekerja pada bidang ilmu sistem informasi :

sponsored links

1. Mc.Leod

Pengertian sistem informasi yang pertama berasal dari pernyataan yang diungkapkan oleh Mc Leod. Mc Leod menyatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang memiliki sebuah kemampuan tertentu untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam sumber, dengan cara memanfaatkan beragam media untuk menampilkan informasi yang sudah diperoleh.

2. Hanny Lucas (1988)

Lucas (dalam Sudaya) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu kegiatan dari prosedur – prosedur yang diorganisasikan, yang mana apabila sistem tersebut dieksekusi, maka sistem tersebut akan menyediakan berbagai informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan juga pengendalian yang ada di dalam suatu organisasi.

3. Tata Sutabri

Pengertian dari sistem informasi berikutnya datang dari Tata Sutabri, yang menyatakan bahwa sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu organisasi, dimana sistem tersebut dapat mempertemukan kebutuhan akan pengolahan data transaksi yang dapat mendukung fungsi manajerial sebuah organisasi.

4. Riyadi

Riyadi, dalam modul pengantar konsep sistem informasi yang dibuatnya mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem tertentu yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi user atau penggunanya.

Lebih lanjut disebutkan pula bahwa sistem informasi adalah suatu bentuk sistem terintegrasi dari manusia dan mesin, yang dimanfaatkan untuk menyediakan informasi pada operasi dan manajeman pada suatu organisasi.

5. Erwan Arbie

Erwan Arbie juga memberikan pengertian lainnya mengenai sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

6. Tafri D. Muhyuzir

Sistem informasi menurut Muhyuzr adalah suatu data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga pada akhirnya data tersebut menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerima dan juga menggunakannya.

7. O’Brien

O’Brien mengatakan bahwa istem informasi merupakan suatu kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau manusia, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan juga database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang suatu organisasi. Jadi, pada dasarnya, sistem informasi memang harus memiliki elemen – elemen tersebut aga dapat berguna dan juga bekerja dengan optimal.

8. Leitch Rosses

Rosses mendefinisikan sistem informasi sebagai suatu sistem dalam suatu organisasi yang dapat mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyajikan kompbinasi tersebut ke pihak lain yang berada di luar organisasi.

9. John Nash & Robert (1988)

Nash dan Robert (dalam Sudaya) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan kombinasi dari user atau orang, teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang memiliki tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada manajemen terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.

10. Lani Sidharta

Sidharta, mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang berisi serangkaian komponen – komponen terpadu, serta bagian – komponen terkomputerisasi yang ditujukan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

11. Jogiyanto (2001)

Jogiyanto (2010) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manejerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan

12. Simkin Mark

Mark menyatakan bahwa sistem informasi merupakan sekumpulan elemen yang bekerja secara bersama-sama baik secara manual ataupun berbasis komputer dalam melaksanakan pengolahan data yang berupa pengumpulan, penyimpanan, pemprosesan data untuk menghasilkan informasi yang bermakna dan berguna bagi proses pengambilan keputusan.

13. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Leitch & Davis juga mengemukakan pendapat mereka mengenai sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdapat di dalam suatu organisasi yang berfungsi untuk mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan memberikan hasilnya dalam bentuk laporan bagi pihak – pihak luar.

14. Gordon B. Davis (1991)

Davis (1991) mengatakan bahwa suatu sistem informasi adalah sebuah sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya. Dengan begitu, mka abisa disimplkan bahwa suatu sistem informasi memilki alur tertentu, mulai dari input hingga menjadi output yang bermanfaat.

15. John F. Nash (1995)

Nash (1995) mendefinisikan sistem informasi Sebagai sebuah kombinasi dari manusia sebagai usernya, fasilitas atau alat teknologi (seperti teknologi komputer dan juga teknologi jaringan), media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

16. Kertahadi (2007)

Kertahadi (2007) menyebutkan bahwa sistem informasi merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya dari pembuatan alat berupa sistem informasi tesebut adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

17. Rommey (1997)

Rommey (1997) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan sebuah sistem yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara dan juga prosedur tertentu.

18. Stair & Reynolds (2010)

Tokoh lainnya, yaitu Stair & Reynolds (2010) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu perangkat elemen atau komponen yang saling terkait satu sama lain, yang dapat mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan juga menyebarkan data dan juga informasi, serta mampu untuk memberikan feedback untuk memenuhi tujuan suatu organisasi.

19. Henry Lucas

Lucas mengatakan definisi lainnya mengenai sistem informasi. Menurut Lucas, sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat

20. Laudon dan Laudon (2010)

Laudon dan Laudon (2010) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sistem informasi adalah suatu komponen yang saling bekerja satu sama lain untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan juga menyebarkan informasi untuk mendukung kegiatan suatu organisasi, seperti pengambilan keputusan, koordinasi, pengendalian, analisis masalah, dan juga visualisasi dari organisasi.

21. Ferdinand Magaline

Magaline, menyatakan beberapa konsep dasar dan juga pengertian dari sistem informasi. Menurut Magaline, sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasional dari sebuah organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan.

22. Kompasiana

Kompasiana juga ikut memberikan definisi mengenai sistem informasi. Menurut Kompasiana, sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Sponsors Link

Elemen pada Sistem Informasi

Sistem informasi terdiri dari elemen elemen yang terdiri dari orang, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini merupakan komponen fisik dari sebuah sistem informasi. Berikut ini adalah beberapa elemen – elemen pada sistem informasi, menurut Mahamudu :

1. Orang

Orang yang merupakan salah satu elemen dari sistem informasi adalah mereka yang dapat mengakses dan juga menyusun sebuah sisem informasi. Orang ini bisa berupa user ataupun super user, yang dapat membangun suatu sistem, seperti programmer, analis sistem, dan juga operator dari sebuah komputer.

2. Prosedur

Prosedur juga merupakan salah satu elemen fisik dalam sistem informasi. Hal ini di sebabkan karena prosedur dalam sistem informasi dapat berupa bentuk fisik, seperti halnya buku manual penggunaan atau buku petunjuk pemakaian.

Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan dalam menjalankan suatu sistem informasi, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer. Ketiga instruksi tersebut pastinya memilki isi dan juga sasaran yang berbeda – beda, sesuai dengan kebutuhan penggunan sistem informasi.

3. Perangkat keras

Perangkat keras dalam suatu sistem informasi terdiri atas komputer sebagai pusat pengolah data dan juga unit input output, peralatan penyiapan data, dan juga terminal untuk proses input dan juga output.

4. Perangkat lunak

Perangkat lunak dalam sistem informasi, pada dasarnya dapat dibagi dalam 3 jenis perangkat lunak, yaitu :

  • Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer.
  • Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.
  • Aplikasi pernagkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi.

5. Basis data atau database

Database alias basis data merupakan salah satu elemen yang juga penting dalam sistem informasi. Database berisi seluruh data yang akan diinformasikan dalam sebuah sistem informasi, yang biasanya file tersebut berisi program dan data. File tersebut disimpan secara fisik di dalam media penyimpanan, seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya.

Selain itu file dan juga data bisa juga meliputi output yang sudah dicetak maupun catatan – catatan lainnya diatas kertas, mikro film, dan lain sebagainya yang mendukung kebutuhan suatu sistem informasi.

6. Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan beberapa komputer, printer dan juga perangkat keras jaringan komputer lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data dari dan ke database bergerak melalui jaringan kabel atau tanpa kabel yang memungkinkan setiap pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.

7. Komunikasi Data

Komunikasi data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara berhubungan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer dan juga perangkat – perangkat (hardware) yang lainnya dalam bentuk sinyal digital. Data – data tersebut kemudian dikirimkan melalui media komunikasi data.

Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu sistem informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.

Itulah beberapa elemen – elemen penting yang bisa anda temui dalam pembuatan sebuah sistem informasi.

Aktivitas dasar dari sistem informasi

Dalam pengaplikasiannya, sistem Informasi memiliki beberapa aktivitas dasar. Berikut ini adalah beberapa aktivitas dasar dari sistem informasi menurut Laudon dan Laudon :

  • Input

Merupakan aktivitas yang melibatkan pengumpulan data mentah dari dalam organisasi atau dari lingkungan eksternal untuk pengolahan dalam suatu sistem informasi.

  • Process

Merupakan suatu aktivitas yang melibatkan pemrosesan dan juga pengolahan data mentah yang sudah diinput menjadi data yang bermakna dan berharga.

  • Output

Merupakan proses aktivitas berikutnya. Output merupakan proses dimana seluruh data yang sudah selesai diproses dan juga sudah selesai diolah dapat diteruskan ke pengguna atau usernya, sehingga user dan juga pengguna bisa memahami dan juga memanfaatkan informasi yang merupakan hasil dari pengolahan data.

  • Feedback

Feedback atau umpan balik merupakan aktivitas dimana user melakukan penilaian dan juga menganggapi semua informasi yang sudah berhasil dilihat dan juga diakses.

Kesimpulan dari definisi sistem informasi

  • Berdasarkan pendapat dari tokoh dan juga beberapa ahli diatas mengenai konsep dasar sistem, informasi, dan juga sistem informasi, maka ada beberapa poin dan juga hal yang dapat disimpulkan mengenai pengertian dari sistem informasi. Berikut ini adalah beberapa point tersebut :
  • Sistem informasi berisi sekumpulan sistem yang terdiri atas input data, pemrosesan data, hingga output data yang sidah menjadi informasi kepada usernya atau pengguna.
  • Sistem informasi banyak diimplementasikan pada suatu organisasi, untuk kepentingan yang berhubungan dengan tujuan organisasi, seperti kepentingan pemecahan masalah, koordinasi organisasi dan manajemen, hingga visualisasi dari sebuah organisasi
  • Sistem informasi juga merupakan elemen yang saling terhubung satu sama lain, dimana terdapat benyak fungsi, seperti fungsi dari manusia sebagai user, fungsi input, fungsi output, fungsi feedback, fungsi perangkat keras, perangkat lunak, hingga fungsi dari jaringan komputer.
  • Pada dasarnya, sistem informasi merupakan sebuah sistem yang dapat mempermudah proses manajemen suatu organisasi, karena degnan adanya sistem informasi, setiap operator maupun user bisa mengetahui apa yang sedang terjadi dengan organisasinya, sehingga sangat membantu dalam melakukan manajemen organisasi.

Referensi

  • Magaline, F. Mahamudu, B.N. Ho, E. (http://apr1l-si.comuf.com/SI.pdf)
  • Silfianti, W. Perancangan Sistem Informasi (http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/1004/Konsep+SI.pdf)
  • Riyadi,A.S. Sistem Informasi. (http://agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3412/%20Konsep+SI.pdf)
  • Sudaya, R.I. Pengertian Sistem Informasi. (https://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/52-pengertian-sistem-informasi.pdf)
  • (http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-00118-SI%20Bab2001.pdf)
  • (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/19875/4/Chapter%20II.pdf)


Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 19th, September 2015 / 04:27 Oleh :
Kategori : Sistem Informasi