5 Cara Memperbaiki Monitor LCD Komputer Bergaris yang bisa Kamu Kerjakan

Layar Komputer yang biasa disebut LCD (ataupun LED) merupakan salah satu komponen penting dalam perangkat komputer. Dengan LCD, kita bisa melihat hal apa saja yang yang telah kita kerjakan menggunakan komputer. Akan tetapi, masalah yang sering terjadi pada LCD adalah muncul garis-garis baik itu horizontal maupun vertikal secara tiba-tiba. Padahal kita sudah berusaha merawat LCD tersebut dengan hati-hati.

ads

Kamu tidak usah bingung ataupun khawatir. Janganlah juga untuk buru-buru ke tempat servis. Kamu pun sebenarnya bisa memperbaikinya sendiri jika kamu tekun. Pada dasarnya permasalahan LCD bergaris-garis ini tidak jauh beda dengan cara memperbaiki layar laptop bergaris. Maka dari itu berikut 5 cara memperbaiki monitor LCD komputer bergaris yang bisa kamu kerjakan.

1. Gunakan aplikasi Pixel Repair

Sebenarnya ada aplikasi yang bisa digunakan untuk memperbaiki layar LCD yang terdapat gari-garisnya. Nama aplikasi tersebut adalah PixelRepairer. Fungsi dari PixelRepair ini adalah mengecek keadaan LCD dengan beberapa cara antara lain garis dan warna untuk mengetahui adanya dead pixel pada monitor.

Cara untuk menggunakan Aplikasi Pixel Repair adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu aplikasi PixelRepairer ini. Lalu jalankan PixelRepairer.exe.
  2. Kemudian kamu bisa memilih Pattern yang kamu inginkan, baik itu warna maupun garis-garis.
  3. Jika sudah dipilih, selanjutnya klik “Enable”
  4. Nantinya kamu dapat melihat pada layar akan ada perubahan menjadi Pattern yang sesuai dengan yang kamu pilih tadi. Kalau kamu klik pada layar, maka tampilan layar akan berubah ke pattern berikutnya. Nah, Apabila tidak ada peubahan, berarti layarnya baik-baik saja. Sedangkan jika ada kerusakan maka akan terlihat.
  5. Tekan Esc untuk kembali, kemudian pilih “Repair”->Add.
  6. Kemudian, tempatkan pada dead pixel di monitor
  7. Tunggulah hingga beberapa saat. Jika memang masih ada yang ingin dikerjakan pada komputer, kamu bisa minimizenya.

2. Periksa juga kabel fleksibel pada layar

Jika pada poin pertama layar LCD masih terdapat garis-garis, maka cobalah untuk memeriksa kabel-kabel terutama kabel penghubung antara layar dan motherboard. Biasanya permasalahan pada kabel ini adalah mengalami kendor maupun kerusakan. Cobalah untuk memeriksa kabelnya apakah sudah terpasang dengan baik atau memang ada yang kendor.

Setelah di cek dan tidak ada masalah, cobalah untuk mencoba kabel tersebut ke monitor yang lain. Apabila di monitor yang lain tidak ada masalah, maka permasalahannya ada pada kabel. Segera langsung mengganti kabel yang lama dengan kabel yang baru.

3. Periksa juga RAM, VGA, dan Hardisk

Ini juga bisa jadi penyebab layar menjadi timbul garis-garis. Jika pada kabel tidak ada masalah, maka cobalah untuk memeriksa RAM, VGA dan juga Hardisk. Buka dan bersihkan pin-pin yang terdapat pada motherboard.

Apabila terdapat dua slot pada RAM, coba untuk dipindahkan pada slot sebelahnya. Jika pada slot sebelahnya masih terdapat garis, bisa dipatikan itu adalah ciri-ciri RAM komputer rusak. Oleh sebab itu, cobalah ganti RAM-nya. apabila pada RAM yang baru sudah tidak ada garis-garis lagi, maka penyebabnya adalah RAM.

Sekarang jika kondisdinya kita sudah ganti RAM dengan yang baru dan garis-garis masih muncul, kita periksa pada bagian VGA. Jenis-jenis VGA ada beberapa macam, ada yang bisa dilepas dan ada yang “ditanam” di dalam.  Kalau yang bisa dilepas, kamu bisa membersihkan pin-pinnya. Lakukan sama seperti memerika pada RAM. Jika setelah dibersihkan masih tetap muncul, maka cobalah ganti dengan yang baru.


Sedangkan untuk VGA yang ditanam itu tidak bisa dilakukan sama kaya yang bisa dilepas. Sebaiknya kamu memeriksa komponen lainnya yaitu Hardisk. Periksa kondisi Hardisk dengan mengganti kabelnya atau mengganti hardisknya. Lakukan juga seperti komponen yang sudah dibahas sebelumnya.

4. Cobalah update driver VGA

Jika pada permasalahan di poin ketiga sudah dilakukan dan masih juga timbul garis-garis pada LCD. Cobalah untuk meng-update driver VGA. Driver VGA yang tidak di update juga dapat menimbulkan garis-garis pada layar LCD. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak ada sinkronisasi antara Driver VGA yang lama dengan program terbaru.

Maka dari itu, untuk mengatasinya, kamu bisa update Driver VGA yang ada pada komputermu. Biasanya update ini bisa kamu dapatkan pada web resmi vendor VGA yang kamu gunakan. Adapun cara update VGA yang lain seperti Intel misalnya, cara update driver VGA Intel adalah sebagai berikut.


  1. Melalui Device Manager
  2. Perangkat lunak Driver Updater
  3. Perangkat lunak Driver Pack
  4. Unduh driver dari situs resmi manufaktur perangkat keras
  5. Unduh driver dari situs resmi manufaktur komputer

5. Cek Power Supply 

Jika keempat poin sudah dijalani dan masih timbul garis-garis, maka cobalah periksa power supplynya. Terkadang power supply yang tidak memadai dapat bepengaruh buruk pada komponen komputermu, tidak terkecuali monitor. Cobalah untuk memeriksa power supplynya apakah memenuhi daya secara maksimal atau tidak. Jika tidak, cobalah ganti dengan power supply yang baru.

Itulah 5 cara memperbaiki monitor LCD komputer bergaris yang bisa kamu kerjakan. Jika semua poin masih tetap tidak berubah, maka sebaiknya kamu konsultasikan ke tempat servis untuk perbaikan lebih lanjut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Monitor