Home » Jaringan Komputer » Internet » Deretan 7 Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi

Deretan 7 Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi

by Elang Hendy Subrata

Sekitar tahun 2000-an awal, orang-orang yang memiliki handphone lebih banyak menggunakan fasilitas SMS untuk mengirimkan pesan. Bahkan beberapa diantaranya masih banyak yang menggunakan surat maupun MMS. Semenjak jaringan internet sudah mulai dikenal masyarakat peran email mulai digunakan.

Email sendiri merupakan kepanjangan dari Electonik Mail yang berarti surat elektronik yang memiliki peran penting dalam mengirimkan pesan melalui jaringan internet. Kehadiran smartphone dan perkembangan teknologi komputer membuat peran email semakin dibutuhkan. Untuk mengetahui apa saja fungsi email, berikut ulasannya.

1. Menerima dan mengirim pesan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa adanya email dapat menerima dan juga mengirimkan pesan. Kecepatan pengiriman pesan melalui email terhitung sangat cepat. hal tersebut sangat tergantung pada kecepatan jaringan internet daerah setempat.

Pesan yang bisa kita terima maupun kita kirim tidak hanya dalam bentuk teks saja. file-file pun dapat kita terima maupun kirim dengan menggunakan fasilitas email ini. file yang bisa dikirim pun macam-macam. Ada yang berbentuk file dokumen, suara, video, gambar hingga tautan pun dapat kita kirim dengan mudah. Hal inilah yang membuat email lebih unggul dibandingkan SMS.

2. Salah satu identitas diri

Fungsi Email selanjutnya untuk mengetahui identitas diri kita di dunia maya. Hal ini disebabkan untuk pembuatan email, kita harus memasukkan berbagai macam data yang dibutuhkan. Umumnya adalah kita harus memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, hingga negara tempat tinggal. Dengan adanya informasi yang cukup detail tersebut, kita pun dapat menghubungi seseorang dengan mencantumkan alamat emailnya.

3. Salah satu cara mendaftarkan diri ke beberapa situs

Seiring dengan semakin banyaknya situs-situs yang sinkron dengan alamat email, kita pun dimudahkan dalam mendaftarkan akun kita pada beberapa situs tanpa harus mengisi beberapa halaman pendaftaran. Contohnya saja cara mendaftar bukalapak, cara mendaftar aplikasi gojek, cara mendaftar instagram, bahkan sampai cara mendaftar Adsense Youtube pun kita tinggal daftar menggunakan akun pada email yang kita gunakan. Pada umumnya akun email yang dapat disinkronkan dengan banyak situs adalah akun Gmail. Oleh sebab itu, Akun Gmail saat ini cukup penting.

4. Media pemasaran

Mungkin Anda pernah melihat email masuk yang isinya berisi penawaran suatu barang atau jasa. Nah, isi dari email tersebut merupakan salah satu fungsi dari adanya email. Salah satu teknik pemasaran online yang dilakukan oleh beberapa perusahaan adalah dengan memanfaatkan emali ini dan di sebar ke setiap alat email secara acak. Teknik marketing ini cukup efektif dilakukan di zaman serba digital saat ini.

5. Tempat berkumpulnya notifikasi

Saat kita bergabung pada beberapa situs menggunakan akun email kita, secara otomatis notifikasi juga dapat masuk ke dalam email. Contohnya saja saat Anda melakukan transaksi di situs belanja online. Ketika Anda membeli suatu barang, maka secara otomatis Anda akan menerima notifikasi pembayaran melalui email. Selain transaksi jual beli, Anda juga dapat melihat notifikasi sosial media yang Anda ikuti. Contohnya saja saat Anda menggunakan aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain, maka akan selalu notifikasi yang berhubungan dengan akun media sosial yang digunakan.

6. Menelusuri dokumen secara cepat

Apabila Anda sering menggunakan email sebagai media untuk mengirimkan berbagai macam dokumen, maka Anda bisa memanfaatkan email ini untuk mencari dokumen yang penting dengan cepat. Contohnya saja, komputer atau laptop tidak bisa digunakan sedangkan Anda butuh dokumen saat ini juga, jika sebelumnya dokumen yang dibutuhkan pernah dikirimkan atau diterima dari email, maka Anda tinggal cari saja kata kuncinya pada bagian “search”. Secara otomatis, dokumen akan tersortir setelah dimasukkan kata kunci yang tepat.

7. Media untuk melamar pekerjaan

Saat kita melamar pekerjaan pun kini bisa dilakukan melalui fasilitas email. Umumnya kita harus menyiapkan berbagai dokumen lamaran kerja dalam bentuk kertas beserta berkas pendukungnya. Nah, dengan perkembangan teknologi, mengirim lamaran pun dapat dilakukan melalui emali. Dari sisi kecepatannya pun kita sangat yakin akan cepat sampai jika dibandingkan melalui jasa pos. Beberapa perusahaan pun sudah banyak yang menggunakan email sebagai media untuk menerima berkas lamaran kerja.

Itulah 7 fungsi email yang perlu Anda ketahui. Melihat beberapa fungsi yang telah dijelaskan di atas, bisa kita simpulkan bahwa adanya email saat ini mengalami perubahan yang cukup signifikan. Ha ini juga tidak terlepas dari perkembangan teknologi serta komunikasi sehingga kita dapat menggunakan email lebih dari sekadar kirim pesan maupun file saja.

Untuk akun email mana yang saat ini dibutuhkan sebaiknya Anda menggunakan akun dari Gmail. Sebab, beberapa keuntungan yang sudah disebutkan di atas lebih banyak digunakan pada akun Gmail. Apabila Anda belum memiliki akun Gmail, sebaiknya pelajari cara mendaftar akun google di berbagai sumber terpercaya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like