Home » Software » Search Engine » Google » 8 Fungsi Google Drive dan Cara Menggunakannya

8 Fungsi Google Drive dan Cara Menggunakannya

by Elang Hendy Subrata

Google drive merupakan salah satu cloud server yang saat ini namanya sedang populer. Cloud server adalah media penyimpanan file dan data-data yang menggunakan jaringan internet sebagai jalurnya. Dengan begitu, kita dapat menyimpan data-data tanpa harus menggunakan harddisk external. Selama ini Google drive dianggap sebagai media penyimpanan file saja. Padahal Google Drive memiliki fungsi yang cukup banyak selain hanya untuk menyimpan file saja. untuk lebih mengetahuinya, berikut beberapa fungsi lain dari Google Drive.

1. Menyimpan semua jenis data

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi yang pertama dari Google Drive adalah dapat menyimpan semua jenis data. Data-data yang bisa disimpan pada Google Drive ini bisa bermacam-macam, mulai dari file dokumen, foto, video, bahkan data-data yang sifatnya khusus seperti bahasa pemrograman. Kapasitas dari Google Drive sendiri secara umum adalah 15 GB secara cuma-cuma. Anda dapat menambah kapasitas dengan berlangganan. Kapasitas yang diberikan saat berlangganan bisa mencapai 100 GB.

2. Dapat berbagi file

Kelebihan lainnya dari Google Drive ini adalah dapat berbagi file pada orang lain. Hal ini tentunya sangat menguntungkan Anda saat ingin berbagi file dengan orang yang jaraknya jauh. Cukup Anda undang orang tersebut dan berikan akses agar memiliki izin untuk meihat maupun mengedit file tersebut.

Hebatnya lagi, file yang bisa dibagi dapat menggunakan ukuran yang besar. artinya Anda tidak perlu repot-repot menggunakan flashdisk untuk berbagi file dalam ukuran besar. Cukup Anda unggah pada Google Drive lalu kirimkan tautannya pada orang yang dituju serta berikan akses padanya, maka file akan langsung terkirim tanpa perlu repot-repot. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa pelajari cara berbagi file dengan google drive dengan mudah atau cara share link file dengan google drive tanpa invite email.  

3. Dapat mengedit dokumen

Keunikan selanjutnya dari Google Drive ini adalah dapat mengedit dokumen yang telah diunggah. Contohnya saja jika kita mengunggah dokumen seperti Word, Excel atau Power Point, kita tidak usah unduh terlebih dulu. Kita dapat langsung mengeditnya dengan klik file tersebut. Hal ini disebabkan Google drive telah sinkronasi dengan aplikasi Word, Excell, dan Power Point milik Google. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut sangat mirip dengan aplikasi dokumen milik Microsoft sehingga pengguna dapat memahami sistem kerjanya. Hal ini tentunya sangat membantu Anda untuk efektivitas waktu.

4. Dapat digunakan sebagai  tempat cadangan data

Untuk Anda yang tidak memiliki harddisk eksternal, Google Drive bisa dijadikan media penyimpanan cadangan yang dapat diandalkan. Hal ini sangat membantu Anda apabila terjadi masalah pada smartphone atau pada komputer. Apalagi smartphone saat ini dapat melakukan sinkron secara otomatis. Artinya, semua data-data ataupun file-file yang disimpan paad smartphone akan langsung otomatis ter-backup pada Google Drive. Jika terjadi smartphone rusak, Anda tinggal login kembali menggunakan akun Google dan “membebaskan” file-file yang telah diback up sebelumnya.

5. Dapat membuat catatan secara langsung

Jika Anda menulis hal penting pada smartphone, Anda tidak perlu menginstal aplikasi baru. Gunakanlah Google Keep yang secara otomatis dapat terintegrasi dengan Google Drive. Google Keep merupakan salah satu aplikasi dari Google yang memungkinkan Anda dapat menulis catatan tanpa harus menggunakan kertas. Di dalam Google Drive sudah terdapat Google Keep yang bisa langsung digunakan.

6. Dapat menyimpan tautan

Google Drive ini bisa digunakan untuk menyimpan tautan-tautan yang dianggap penting. Tautan tersebut dapat disimpan seperti halnya poin kelima. Jika Anda menepukan tautan yang dianggap penting, Anda tinggal mengunggahnya pada Google drive dan tautan tersebut dapat digunakan atau bisa dikirimkan pada orang lain.

7. Dapat melakukan Backup Whatsapp

Whatsapp merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang sangat populer di Indonesia. Apabila kita tidak sengaja menghapus aplikasi Whatsapp, maka semua pesan yang telah tersimpan akan ikut terhapus. Nah, Anda dapat melakukan backup semua data dan pesan di Whatsapp dengan memanfaatkan Google Drive ini. untuk cara backup pesan Whatsapp, Anda cukup masuk ke bagian “setting” atau “setelan”. Kemudian Anda pilih “Chat” dan pilih “Cadangan Chat”. Anda dapat mengatur pencadangan chat setiap hari atau bisa dilakukan sebulan sekali.  

8. Dapat digunakan untuk Hosting Website

Google Drive dapat digunakan sebagai salah satu jenis Cloud Computing untuk memasang sebuah website. Apabila Anda seorang progammer atau seorang pengembang website, Anda dapat melakukan hosting melalui Google Drive. Umumnya, Hosting pada Google Drive dapat dilakukan secara gratis. Akan tetapi, ada juga yang dilakukan secara berbayar.

Itulah 8 fungsi Google Drive yang belum diketahui banyak orang. Anda bisa pelajari cara menggunakan Google Drive di HP jika Anda belum mengetahui cara kerja Google Drive. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like