Fungsi Data Link Layer Jaringan Komputer

Data link layer merupakan salah satu bagian layer atau lapisan yang terdapat pada sebuah sistem OSI Reference Model. Sistem OSI reference model ini mengacu pada suatu sistem atau model yang digunakan dalam implementasi sebuah jaringan. Dalam pengaplikasiannya, OSI Reference model ini terdiri dari 7 buah layer atau lapisan. Salah satu lapisan yang masuk ke dalam model OSI layer ini adalah lapisan data link layer.

ads

Data link layer jaringan komputer secara teoritis merupaan lapisan ke 6 pada sebuah transmitter atau proses pengiriman data, dan merupakan lapisan ke 2 pada receiver atau penerima data dalam sistem jaringan komputer. Tugas utama dari data link layer ini adalah melakukan pengelolaan dan juga menyediakan prosedur pengiriman data di dalam sebuah jaringan komputer. Dengan demikian, nantinya data link layer akan memberikan atau meneruskan paket data menuju layer berikutnya, baik physical layer, maupun network layer.

Selain menyediakan prosedur pengiriman data, ada beberapa fungsi dan juga tugas lainnya dari data link layer. Berikut ini adalah fungsi dan tugas lainnya dari data link layer :

  1. Melakukan proses grouping secara logic

Fungsi pertama dari data link layer adalah melakukan proses grouping pada paket data yang ditransmisikan melalui jaringan. Proses grouping, sesuai namanya, merupakan proses pengelompokkan kembali. Yang dikelompokkan kembali adalah data yang sebelumnya dipecah dan terbagi pada saat proses transmisi data berlangsung. Proses ini kemudian membuat pecahan dan bagian data tersebut menjadi satu kesatuan data utuh, yang siap ditransmisikan menuju layer berikut. Perlu diketahui, proses penyatuan atau grouping data ini dilakukan secara logic, dan tidak menggunakan alat fisik.

  1. Menyediakan akses ke dalam media menggunakan MAC Address

MAC address merupakan sebuah alamat atau kode alamat yang trcetak secara fisik. MAC address ini memiliki fungsi untuk membantu proses pengeiriman dan juga menerimaan data yang terhubung ke dalam jaringan. Untuk dapat menggunakan fungsi dari MAC address ini, maka data link layer menunjukkan perannya.

Data link layer merupakan lapisan pada OSI layer yang menyediakan akses dari suatu jaringan komputer ke dalam media tertentu denan menggunakan sistem pengalamatan menggunakan MAC address. Dengan begitu, setiap proses transmisi yang berlansung di dalam suatu jaringan memiliki akses tersendiri terhadap pengalamatan menggunakan MAC address.

  1. Mendeteksi kesalahan pengiriman dan penerimaan paket data dan melakukan proses pengkoreksian

Fungsi berikutnya dari data link layer adalah untuk melakukan proses pendeteksian kesalahan pengiriman dan juga penerimaan paket data yang terjadi selama proses transmisi data berlangsung. Kesalahan pengiriman ini bisa saja terjadi, terutama ketika jaringan mengalami masalah pada alamat yang akan dituju. Sudah merupakan fungsi dasar dari data link layer ini untuk mendeteksi masalah yang muncul tersebut.


Selain berfungsi untuk mendeteksi kesalahan pengiriman dan juga penerimaan paket data, data link layer juga berfungsi untuk melakukan proses pengkoreksian pada paket data yang mengalami kesalahan tesebut, sehingga pada akhirnya kesalahan pengiriman dan juga penerimaan data dapat diminimalisir sedemikian rupa.

  1. Menggabungkan paket data ke dalam byte, dan menggabungkan byte ke dalam frame

Sesuai dengan namanya, data link layer merupakan layer atau lapisan pada OSI reference model yang bertugas untuk mengurusi bit data yang ditranmsisikan melalui sebuah jaringan komputer. Fungsi berikutnya adalah data link layer bertugas untuk menggabungkan dan menyatukan paket data yang dipecah ataupun dibagi selama proses transmisi berlangsung menjadi bentuk tertentu.

Paket data yang ditransmisikan akan digabungkan ke dalam bentuk byte, dan kemudian paket data yang berbentuk byte akan digabungkan menjadi bentuk frame. Fungsi ini masih berkaitan dengan fungsi dari data link layer yang pertama, yaitu melakukan proses penggabungan pada data yang ditransmisikan melalui jaringan komputer.

Perangkat keras yang digunakan oleh data link layer

Data link layer merupakan lapisan dari OSI reference model yang memiliki hubungan dan keterkaitan erat dengan perangkat fisik, karena berhubungan juga dengan MAC address yang notabene merupakan sistem pengalamatan fisik. Karena itu, data link layer pun memiliki kaitan yang erat dengan beberapa perangkat keras jaringan komputer secara fisik dalam bekerja.


Salah satu contoh perangkat keras komputer yang bekerja dengan menggunakan data link layer ini adalah NIC atau Network Interface Card. NIC atau yang juga sering dikenal dengan kartu jaringan ataupun LAN Card merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang bekerja dengan bantuan data link layer. fungsi LAN sendiri merupakan suatu perangkat untuk komputer dapat terhubung ke internet, maka itu membantu data link layer agar terkoneksi jaringan. (baca juga: fungsi LAN card)

Selain NIC, perangkat keras jaringan komputer lainnya yang juga bekerja bersamaan dengan fungsi dari data link layer adalah bridge. Bridge merupakan perangkat keras jaringan komputer yang memiliki fungsi sama seperti fungsi dari data link layer itu sendiri. Fungsi bridge itu sendiri adalah melakukan proses pemecahan jaringan, dan juga menggabungkan jaringan yang sudah ada menjadi satu kesatuan jaringan yang utuh. Karena memiliki fungsi yang sama seperti data link layer, maka dari itu, bridge merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk mendukung fungsi dari data link layer.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan