Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Perl Sebelum Menggunakannya

Macam-macam Bahasa pemrograman di dunia sangatlah banyak. Mungkin saat ini para programmer lebih mengenal macam-macam bahasa pemrograman yang lebih populer sepertti Java PHP, Javascript, C, dan lain-lain. Akan tetapi apakah kamu pernah mengenal bahasa program Perl?

ads

Bahasa program Perl adalah sebuah bahasa pemrograman yang levelnya tingkat tinggi. Disebut tingkat tinggi karena bahasa pemrograman ini bersifat dinamis dan juga dapat digunakan untuk pengembangan banyak jenis aplikasi maupun program.

Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Wall dan diperkenlakan sekitar tahun 1987. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang open source. Selain itu, Perl juga dikembangkan sebagai bahasa scripting agar dapat mempermudah proses pelaporan.

Seperti halnya kebanyakan bahasa pemrograman lainnya, Perl dikembangkan berdasarkan implementasi dari bahasa pemrograman C. Meskipun begitu, tidak hanya bahasa C yang berpengaruh dalam pengembangan bahasa program Perl. Bahasa-bahasa lain yang berpengaruh lainnya yakni Shell Script, AWK, dan juga Sed.

Untuk penggunaannya sendiri, Bahasa Program Perl bisa dipakai untuk membuat berbagai macam hal. Contohnya seperti membuat program yang membutuhkan grafis, pengembangan sistem administrasi, program jaringan, program keuangan, dan juga aplikasi lainnya.

Berikut adalah beberapa kelebihan yag dapat dilakukan oleh bahasa pemrograman Perl.

Kelebihan Bahasa Program Perl

1. Termasuk bahasa program yang tangguh

Bahasa program Perl termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang tangguh. Sebab, bahasa pemrograman ini mempunyai dukungan yang kuat terhadap bahasa pemrograman yang fungsional, berbasik obyek, serta prosedural. Bahka, bahasa ini mempunyai ekosistem library yang terbilang cukup matang. Ekosistem librarynya sanggup memiliki 25.000 modul open source.

2. Bahasa program yang kompleks

Keunggulan lain dari bahasa program Perl adalah dilengkapi juga dengan kompleksitas yang sangat tinggi dari bahasa pemrograman tersebut. Bahasa program ini dapat digunakan untuk menangani enkripsi data. Selain itu, Perl memiliki dukungan terhadap library eksernal dengan bahasa program C maupun C++ yang melalui XS atau juga SWIG. Bahkan, Bahasa program Perl mempunyai penerjemah yang dapat ditanamkan pada sistem lain semacam web server dan juga database server.

Bahasa program Perl ini juga sempat dijuluki dengan Swiss Army Chainsawnya bahasa pemrograman. Hal tersebut disebabkan bahasa program Perl termasuk contoh pemrograman terstruktur, Selain itu, bahasa program Perl juga mempunyai sifat yang fleksibel serta kuat. Bahasa program ini juga mempunyai karakteristik utama yang salah satunya adalah berbagai macam jalan pintas agar dapat menyelesaikan masalah-masalah umum.

2. Pemrosesan teks yang baik

Kelebihan lainnya dari bahasa Perl ini adalah kemampuannya ketika menangani tulisan. Pada dasarnya, bahasa program Perl mempunyai beberapa karakteristik utama. Salah satu karakteristik utamanya adalah penanganan teks yang jauh lebih baik.

Bahasa program ini juga dikembangkan berdasarkan bahasa-bahasa program yang mempunyai fasilitas pengolahan teks yang sangat kuat. Selain itu, Perl ini tidak memiliki batasan panjang data dari Unix Command line tool. Bahkan, bahasa Perl juga dilengkapi dengan kemudahan untuk dapat memanipulasi file yang berformat text

3. Open source

Apa yang kamu pikirkan ketika ada bahasa program yang open source? tentu saja dengan dukungan open source, maka bahasa program ini dapat digunakan dan juga dikembangkan oleh siapa pun dengan bebas. Maka dari itulah, ukuran file dari Perl termasuk kecil. Selain bebas dikembangkan, dengan adanya open source maka bahasa program ini dapat digunakan pada berbagai macam platform. hal tersebut tentu saja menguntungkan unuk para programmer.

Setelah meilhat kelebihannya, sekarang berikut adalah kelemahan bahasa program Perl


Kelemahan bahasa program Perl

1. Bukan ditujukan untuk pengembangan web

Bahasa program Perl memang bukan ditujukan untuk kamu yang ingin belajar mengenai pengembangan sebuah web. Maka dari itu, bahasa program Perl memang belum pernah dioptimalisasi untuk meningkatkan kecepatan, skalabilitas, serta kemudahan untuk penggunanya.

2. Sulit untuk memperbaiki bug

Salah satu kelemahan lainnya dari bahasa program Perl adalah ketika ada bug terjadi. Dibandingkan dengan bahasa program lain, Perl termasuk yang sulit untuk memperbaiki ketika terjadi bug. Hal ini tidak terlepas dari kemampuannya dalam memanipulasi teks yang menyebabkan para programmer kesulitan menemukan bugnya.

Itulah Kelebihan dan kekurangan Bahasa Pemrograman Perl yang perlu kamu tahu. Meskipun Bahasa program Perl termasuk golongan bahasa pemrograman tertua yang pernah digunakan untuk bahasa program, namun dilihat dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki bisa menjadi pertimbangan kamu untuk mempelajarinya lebih dalam.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Selain itu, dengan mempelajari Bahasa pemrograman Perl juga dapat membuatmu lebih mudah ketika sudah terjun menjadi seorang programmer yang handal. Apalagi salah satu kelebihan dari bahasa program ini adalah memanipulasi text. Atau, kamu bisa juga untuk mempelajari lagi tingkatan bahasa pemrograman lainnya untuk lebih mendalami kemampuanmu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Pemrograman