Inilah Penggolongan Komputer Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

Perkembangan komputer akan selalu mengalami kemajuan yang signifikan. Di zaman sekarang penggunaan komputer sudah masuk ke tahap kebutuhan pokok, terutama untuk para pengusaha. Sebab hampir semua pengusaha menggunakan komputer untuk dapat menjalankan usahanya.

ads

Berbicara mengenai pengusaha, mungkin kamu pernah berpikir apakah semua pengusaha menggunakan jenis komputer yang sama dengan yang kita gunakan sehari-hari? Contohnya  seperti Bursa Efek Indonesia, Kominfo, dan lain-lain. Mungkin kamu pernah melihat seperti apa susana kantornya yang cukup banyak menggunakan komputer. Pasti pernah terbanyangkan sebesar apa server yang digunakan untuk dapat menjalankan semua komputer tersebut.

Nah, Perlu kamu ketahui kalau komputer memiliki macam-macam ukurannya. Biasanya saat orang-orang menyebutkan komputer, maka jawabanny rata-rata adalah komputer desktop atau laptop. Padahal sekarang pun ada komputer yang ukurannya hampir sama dengan ciri komputer generasi pertama. Biar tidak bingung, berikut penggolongan komputer berdasarkan kapasitas dan ukurannya.

1. Microcomputer

Microkomputer merupakan jenis komputer yang menggunakan sistem mikroprosesor sebagai unit proses data utamanya atau bagian CPU-nya. Jenis komputer yang masuk ke dalam microcomputer antara lain komputer desktop, laptop, netbook, ultrabook, konsol game, smartphone, tablet, dan masih banyak lagi.

Microcomputer juga merupakan jenis komputer yang juga banyak digunakan oleh banyak orang. Selain itu, microcomputer juga adalah jenis komputer yang harganya paling murah dibandingkan jenis komputer yang lain. Oleh sebab itu, microcomputer dapat dimiliki oleh masyarakat umum.

Pada dasarnya, microcomputer memang dirancang khusus untuk penggunaan umum contohnya, hiburan, pekerjaan dan juga akses informasi yang bermanfaat untuk pengguna.

2. Minicomputer

Banyak yang sering salah menyebutkan Minicomputer dan juga Mikrocomputer. Padahal, Minicomputer merupakan jenis komputer yang memiliki kemampuan yang lebih besar dibandingkan Microcomputer. Terkadang, istilah Minicomputer kadang disebut juga dengan Midrange Computer atau juga disebut Midrange system.

Mini Computer ini pada umumnya dipakai oleh perusahaan-perusahaan kecil. Pada dasarnya, Minicomputer ini tidak didesain untuk satu pengguna saja atau biasa disebut single user. Biasanya Mini computer digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk tujuan tertentu. Contohnya, Perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi sering menggunakan Minicomputer untuk dapat memantau proses produksinya.

Contoh komputer masuk ke dalam Minicomputer adalah sebagai berikut.

  • PDP-8 – PDP-8 merupakan singkatan Programmable Data Processor 8 yang dibuat oelh Digital Equipment Corporation atau disingkat DEC. Minicomputer ini dirilis sekitar tahun 1965 dan juga menjadikannya sebagai Minicomputer yang paling laris dimasanya.
  • PDP-11 – PDP-11 merupakan komputer yang dibuat oleh perusahaan yang sama yakni DEC. Minicomputer ini dirilis sekitar tahun 1970.
  • Xerox Star – Xerox Star adalah Minicomputer pertama yang menggunakan konsep GUI atau antarmuka grafis di dunia.

3. Mainframe Computer

Mainframe computer atau komputer mainframe merupakan komputer yang cukup canggih. Meskipun belum secanggih superkomputer, namun komputer ini mampu memberikan proses dan juga penyimpanan data yang cukup cepat. Pada umumnya, Mainframe Computer selalu disimpan pada kamar yang memiliki AC. Selain itu, ukurannya pun terbilang besar mungkin tingginya hampir setara dengan kulkas dua pintu. Dari sisi harga, komputer ini juga sangat mahal dan juga menyedot daya listrik dengan cukup besar.

Oleh sebab itu, hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang menggunakan Mainframe Computer dalam menjalankan roda usahanya. Perusahaan-perusahaan yang menggunakan komputer jenis ini antara lain perbankan, lembaga pendidikan, perusahaan asuransi. Mereka sangat membutuhkan komputer ini untuk menyimpan data-data pelanggan mereka.

Contoh komputer yang menggunakan komputer ini antara lain sebagai berikut.

  • Hitachi Z800
  • IBM System/360
  • Honeywell-Bull DPS 7
  • IBM System/390

4. Super Computer

Super Computer merupakan jenis komputer yang paling kuat dan juga komputer paling canggih. Komputer ini mampu melakukan triliunan perintah dalam setiap detiknya. Perintah tersebut dihitung dalam Floating point Operations Per Second atau disingkat FLOPS. Berbeda dengan komputer biasa seperti PC yang mampu melakukan jutaan  perintah dalam setiap detiknya.

Para pengguna Super Komputer ini biasanya oleh sebuah organisasi besar yang bertugas untuk tujuan tertentu. Contohnya seperti NASA yang menggunakan Super Computer ini untuk melakukan peluncuran pesawat ulang-alik. Dari sisi harga, Super Computer ini sangat mahal dan dari sisi ukurannya sangat besar. Bahkan, saking besarnya, terkadang Super Computer membutuhkan satu ruangan untuk menampungnya.

Contoh Super Komputer yang saa ini digunakan adalah sebagai berikut.

  • Tianhe-2

Tianhe-2 atau disebut Milky Way-2 ini pertama dibua oleh National University of Defence Technology atau disingkat (NUDT) di Tiongkok. Bisa dibilang, Super Komputer ini merupakan komputer terkuat di sunia dengan kecepatannya mencapai 33,86 PetaFlops atau Pflop/s pada pengujian benchmark Linpack.


Sistem yang digunakan pada Super Computer ini mempunyai 3.120.000 Core yang terdiri dari 16.000 Node Komputer. Processor yang digunakan adalah Intel Ivy Bridge Xeon. Selain itu, Super Komputer ini menggunakan tiga chip coprocessor Xeon Phi.

  • Titan

Super Computer Titan adalah sistem Cray XK7 yang dipakai oleh Departemen Energi Amerika Serikat. Sunper Komputer ini memiliki kecepatan sebesar 17.59 Pflop/s dan menggunakan processor NVIDIA K20x Core.

  • K Computer

K Computer diciptakan oleh Fujitsu di Kobe, Jepang. Super Computer ini memiliki kecepatan sebesar 10,51 Pflop/s dan menggunakan processor core processor SPARC64.

Itulah penggolongan komputer berdasarakan kapasitas dan ukurannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamus semua.

Video Penunjang Pembelajaran

, ,