Begini Kelebihan dan Kekurangan Android Studio Bagi yang Ingin Menggunakannya

Buat kamu yang sudah menggunakan smartphone, pastinya kamu sudah mengenal Sistem Operasi Android. Meskipun begitu, beberapa orang juga belum begitu kenal dengan jenis sistem operasi ini. Bahkan, sebagian orang ada yang menyebut bahwa Android itu nama smartphone yang mereka gunakan.

ads

Pada dasarnya, Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux. Setelah itu, Android inc mengembangkannya kembali hingga menjadi sekarang. Dengan adanya dukungan langsung dari Google, Akhirnya pada ahun 2005, Android resmi diakuisisi oleh Google. Pada tahun 2007 Android resmi diluncurkan pada publik.

Mungkin kamu sempat beranya-tanya, bagaimana aplikasi yang ada di dalam OS android bisa dibuat? Tentunya menggunakan sebuah software. Salah satu software yang sering digunkan oleh para programmer adalah Android Studio. Android Studio sendiri merupakan software pemrograman yang khusus untuk membuat aplikasi untuk Android. Android Studio ini resmi dari pihak google yang dikembangkan dari Intellij.

Bisa dibilang Android Studio dipilih menjadi salah satu software untuk membuat aplikasi android, termasuk untuk programmer level awal yang sangat ingin belajar tentang Android. Hal tersebut dipengaruhi oleh kelebihannya berikut ini.

Kelebihan Android Studio

1. Instant Run

Ketika kita akan menjalankan sebuah program yang telah dibuat melalui perintah run, kita akan menyusun progam Android yang nantinya akan terbentuk APK. Setelah itu mengirmnya ke perangkat yang dipakai untuk mengoperasikannya. Fitur Insant Run ini dapat membuat program berjalan dengan lebih cepat tanpa harus menyusun ulang aplikasinya. Selain itu, dengan fitur Instant Run juga tdak perlu lagi membuat kembali APK ketika melakukan perubahan kode. Dengan begitu, proses yang didapat akan lebih cepat.

2. Fungsi Intelligent Code Editor

Dengan Android Studio, kita dapat menulis kode dengan lebih baik, cepat, dan juga produktif. Android Studio memiliki fitur Intelligent code editor sehingga memberikan kemudahan dalam analisis kode dan juga menyediakan saran kode yang akan digunakan dengan sistem auto complete.

3.Emulator yang kaya fitur

Android Studio juga termasuk salah satu emulator android terbaik. Sehingga kita dapat menguji langsung aplikasi yang kita buat ke berbagai perangkat Android misalnya ponsel, tablet, smartwatch dan juga Smart TV. Selain itu, kamu juga dapat mensimulasikan ke berbagai fitur perangkat keras lainnya seperti lokasi GPS, sensor gerak, baterai dan juga latensi jaringan.

4. Sistem yang fleksibel

Android Studio juga menawarkan otmatisasi versi, manajemen dependensi serta konfigurasi versi yang dapat disesuaikan. Kamu dapat mengonfigurasi proyek untuk dapat menyertakan library lokal dan juga di host. Selain itu, sistem ini juga menjelaskan varian versi yang menyertakan kode yang berbeda.

5.Dapat membuat aplikasi yang lengkap

Kelebihan lain dari Android Studio ini adalah dapat mendukung sepenuhnya pengeditan file proyek yang menggunakan bahasa C maupun C++. Dengan begitu, kmau dapat membuat komponen-komponen JNI dalam satu aplikasi. Selain itu, ISE ini juga menyediakan sintaks serta pemfaktoran ulang untuk C maupun C++. Serta, pemfaktoran untuk debugger yang berbasisi LLDB. Dengan begitu, kamu dapat mendebug kode Java serta C maupun C++ dengan bersamaan.

6. Dapat digunakan secara tim

Selain secara individu, Android Studio juga dapat digunakan secara tim. SEabb Android Studio mempunyai integrasi dengan beberapa version control populer semacam Git dan juga Subversion. Dengan adanya layanan Github dari Android Studio kita dapat melakukan kolaborasi dengan timlain sehingga pekerjaan akan lbih mudah antara satu dengan lainnya.

7. Mampu dipakai untuk semua perangkat Android

Andoid Studio dapat memberikan wadah untuk membuat aplikasi Android yang berada pada perangkat apapun. Contohnya Tablet, Android Wear, Android TV, serta Android Auto. Fungsi yang terstruktur itu dapat memungkinkan kamu untuk dapat membagi proyek menjadi unit-unit fungsi. Dengan begitu kamu dapat lebih teratur dalam mengembangkan aplikasi Android.

Setelah melihat kelebihan-kelebihannya sekarang kita melihat kekurang yang ada pada Android Studio.


1. Proses Lambat

Karena menggunakan Bahasa Program Java, Android Studio ini pengoperasiannya berjalan lambat. Sehingga kamu harus lebih sabar ketika akan mencoba codding menggunkan Android Studio ini.

2. Implementasi rumit

Untuk melakukan pengembangan aplikasi android menggunakan Android Studio terbilang rumit. Selain rumit, prosesnya pun panjang. Meskipun aplikasi yang akan digunakan cukup simpel, namun tetap saja proses untuk pengembangannya sendiri tetaplah secara tersusun.

3. Error yang sulit ditemukan

Salah satu kelemahan Android Studio adalah sulit ketika ada error pada saat proses codding. Error sendiri akan ketemu ketika sudah masuk uji coba. Sehingga hal tersebut akan membuat waktu pengembangannya menjadi lebih lama.

Itulah kelebihan dan kekurangan Android Studio yang perlu kamu pertimbangkan. Meskipun masih ada software lain dalam pengembangan aplikasi android, akan tetapi Android studio bisa menjadi pilihan buat kamu yang mencoba seperti apa melakukan proses codding maupun membuat aplikasi untuk Sistem Operasi Android. Oleh sebab itu, kamu dapat melakukan cara instal Android Studio dan cara menghubungkan android studio dengan bluestack. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Andoid