Home » Software » Search Engine » Google » 7 Fitur Tersembunyi Google Chrome PC yang jarang Diketahui

7 Fitur Tersembunyi Google Chrome PC yang jarang Diketahui

by Elang Hendy Subrata

Siapa yang tidak kenal dengan Google Chrome? Salah satu web browser terbaik ini sudah terkenal semenjak debut di PC sekitar 10 tahun yang lalu. Namun, namanya semakin menanjak seiring dengan perkembangan Sistem Operasi Android pada smartphone. Bahkan, mungkin Anda juga sekarang sedang membaca artikel ini dari Google Chrome.

Selain keunggulannya dalam membuka situs-sitis website, ternyata Google Chrome pun memiliki banyak fitur-fitur rahasia. Jika Anda penasaran apa saja fitur rahasia yang terdapat di dalam Google Chrome, berikut ulasannya.

1. Bermain game saat tidak ada koneksi Internet

Pernahkah Anda melihat gambar seekor T-rex ketika jaringan internet putus? Ternyata gambar T-Rex tersebut dapat kita jadikan suati permainan layaknya game Super Mario. Nantinya Anda sebagai player harus mengatur T-rex tersebut agar tidak menabrak sebuah pohon kaktus ataupun halangan yang menantang. Game ini juga bisa dimainkan pada Google Chrome versi Android meskipun tidak seseru bermain game ini melalui PC.

2. Membuka halaman yang tidak sengaja ditutup

Ketika Anda sedang menekan halaman tab untuk pindah, namun tidak sengaja Anda malah menakan tombol close. Hal seperti itu terkadang bisa saja terjadi jika kita sedang terburu-buru untuk membuka tab tertentu. Namun, Anda tidak perlu bersusah payah membuka kembali tab melalui history. Sebab, dengan menggunakan tombol rahasia ini, tab yang sebelumnya diturup dapat dibuka kembali. Caranya adalah dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + T secara bersama. Dengan begitu, tab yang sudah tertutup dapat dibuka kembali.

3. Membuka tab baru dan hapus tab

Masih berhubungan dengan tab, namun kali ini kita berfokus pada membuka dan menutup tab. Jika biasanya kita membuka sebuah tab baru dengan mengeklik tanda plus (+) dan menutupnya dengan menekan tanda silang (x), maka dengan menggunakan keyboard kita dapat melakukan dua fungsi tersebut. Untuk membuka tab baru, kita tinggal menekan tombol CTRL +T atau menekan tombol Command (cmd) + T. Selanjutnya, untuk menghapus tab, kita dapat menggunakan fungsi CTRL + W atau menggunakan Command (cmd) + W secara bersamaan.

4. Pindah tab dengan cepat

Fitur rahasia yang satu ini masih berhubungan dengan tab. Kali ini kita pindah-pindah tab secara cepat tanpa harus mengunakan mouse. Cara ini cukup membantu kita ketika sedang malah menggunakan mouse atau mouse yang digunakan rusak.

Caranya sendiri cukup mudah, saat kita memiliki banyak tab yang terbuka pada Google chrome, kita manfaatkan kombinasi keyboard. Jika kita ingin pindah tab ke sebelah kanan, maka kita tinggal kombinasikan CTRL + Tab secara bersamaan. Jika Anda menggunakan PC yang Sistem Operasinya Macintosh, maka gunakanlah tombol command (cmd) + option + panah ke kanan secara bersamaan. Sebailknya, jika Anda ingin memindahkan tab ke sebelah kiri, maka gunakanlah kombinasi CTRL + Shift + Tab secara bersamaan. Untuk versi Mac, Anda bisa gunakan kombinasi tombol Command + Option + panah ke arah kiri.

5. Membuat fungsi notepad

Jika Anda ingin mencatat sesuatu saat melakukan browsing namun Anda lupa menaruh aplikasi notepad di PC, Anda tidak peru khawatir. Sebab di dalam browser Google Chrome, Anda bisa membuat fungsi notepad sendiri. Caranya cukup mudah. Pertama saat browser Google Chrome terbuka, selanjutnya adalah ketik saja di kotak address “data:text/html,” tanpa menggunakan tanda petik. Jika berhasil, maka akan muncul halaman putih kosong. Mungkin awalnya Anda merasa tidak bisa mengetik apapun di dalamnya. Akan tetapi, cobalah klik sekali saja pada halaman kosong tersebut, di sanalah Anda baru bisa mengetik sepuasnya.

6. Menghapus history dengan cepat

Terkadang kita ingin menghapus history browsing agar privasi kita tidak diketahui oleh banyak orang. Namun, untuk melakukan hal tersebut, kita harus pergi ke menu History dan harus menghapusnya secara manual. Nah, pada Google Chrome ada cara cepat agar semua history dapat terhapus semuanya. Caranya adalah menggunakan keyboard.

Untuk membuka history browsing, cukup pencet tombol CTRL+H secara bersaman. Untuk dapat menghapus semua history secara langsung, Anda bisa gunakan kombinasi CTRL + Shift + Del. Dengan begitu, semua history akan terhapus semuanya. Sedangkan untuk Anda pengguna Mac, maka Anda bisa coba kombinasi Shift+Command+Delete secara bersamaan.

7. Buka hasil unduh tanpa melalui folder

Jika Anda selesai mengunduh suatu file, namun malas untuk membukanya di folder, maka ada cara yang lebih praktis untuk mengetahui hasil unduhan. Caranya adalah dengan melakukan drag secara langsung unduhan yang telah selesai. Contohnya saja, ketika Anda selesai unduh file video, maka Anda bisa drag hasil unduhan dan nantinya file tersebut dapat dijalankan secara langsung.

Itulah fitur tersembunyi Google Chrome yang belum banyak diketahui orang. Anda bisa baca-baca referensi lainnya seperti cara memperbaiki Google Chrome yang tidak bisa dibuka, cara restart Google Chrome, kelebihan dan kekurangan browser Google Chrome, dan lain-lain. Semoga bisa memberikan manfaat.

You may also like