Home » Software » Search Engine » Google » 8 Perbedaan Email dan Gmail Pada Android

8 Perbedaan Email dan Gmail Pada Android

by Elang Hendy Subrata

Saat ini sebagian orang sudah menggunakan Gmail sebagai basis pengiriman surat elektronik. Hal ini memang tidak terlepas dari perkembangan jaringan komputer serta perkembangan smartphone di pasaran. Padahal jika kita melihat lagi ke beberapa tahun yang lalu masih banyak alamat email yang cukup bervariatif seperti Yahoo, Hotmail, dan lain-lain. Lalu apa yang membuat Gmail ini begitu banyak dipakai dibandingkan dengan beberapa email lainnya? Berikut ulasan Perbedaan Email dan Gmail.

1. Gmail tidak memiliki masa kadaluwarsa

Gmail dapat digunakan sebebas yang kita gunakan. Bahkan ketika Anda tidak membuka Akun Gmail dengan sangat lama seperti satu bulan atau bahkan satu tahun lamanya, Anda masih tetap mengakses Gmail dengan bebas. Hal ini sedikit berbeda dengan beberapa email lainnya yang bahkan memiliki jangka waktu tertentu apabila pengguna sudah jarang menggunakan email tersebut. Kita ambil contoh pada Yahoo. Jika Anda tidak pernah login ke Yahoo selama 4 bulan, maka akun email secara otomatis akan dihapus. Apabila ingin dikembalikan lahi, hal tersebut dapat dilakukan, namun prosesnya cukup rumit.

2. Satu akun dapat digunakan sebagai akun pendaftaran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa setelah Anda mendapatkan akun Gmail, maka Anda pun dapat bebas menggunakan berbagai macam produk yang dimiliki oleh Google. Contohnya saja cara mendaftar Adsense Youtube, cara membuat Youtube channel. Akses ke Google Map, Google Drive, dan lain-lainnya.

Hebatnya lagi, tidak hanya dapat mendaftarkan beberapa produk Google saja, akun Gmail juga dapat digunakan untuk akun pendaftaraan beberapa aplikasi populer lainnya. Contohnya pendaftaran akun pesan instan seperti Whatsapp, pendaftaran akun musik streaming seperti Spotify, pendaftaran akun toko online, dan beberapa situs lainnya.

3. Memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Salah satu kelebihan dengan menggunakan Gmail ini adalah memiliki kapaitas penyimpanan yang cukup besar. Dengan adanya kapasitas ebsar 15 GB, Anda bisa menyimpan berbagai macam email dan berbagai file-file lainnya dengan aman dan tidak takut akan kehabisan memori. Anda juga dapat menambah kapasitas memorinya dengan cara berlangganan sebagai member premium. Kapasitas memori yang ditawarkan pun bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Gmail dapat digunakan untuk melakukan panggilan Video call

Perbedaan Email dan Gmail yang cukup signifikan dari Gmail dengan beberapa email lainnya adalah Gmail dapat melakukan panggilan video call. Hal ini disebabkan Gmail memiliki sinkronisasi dengan aplikasi Hangout. Aplikasi Hangout sendiri merupakan sebauh aplikasi dari Google yang dapat memberikan kemudahan pada penggunanya seperti pesan instan maupun panggilan secara online. Nah, jika Anda ingin menghubungi langsung orang lain secara tatap muka, Anda bisa klik ikon Hangout yang berada di pojok kiri bawah. Anda juga bisacari apa saja fungsi Google Hangout di berbagai sumber.

5. Memiliki fitur anti Spam

Pada fasilitas Gmail yang diberikan, terdapat sebuah fitur yang sangat membantu Anda dalam memerangi pesan-pesan yang isinya hanya “sampah” atau hal-hal yang tidak penting. Di dalam Gmail ini terdapat folder Spam yang isinya adalah berbagai macam pesan-pesan “sampah” tersebut. Jika ada sebuah email yang masuk dan isinya adalah virus maupun notifikasi yang tidak Anda harapkan maka secara otomatis pesan spam tersebut akan masuk ke dalam folder spam.

Apabila Anda merasa email yang masuk ke dalam folder spam adalah email yang penting, Anda bisa memasukannya pada folder masuk utama. Dengan begitu, setiap email yang dikiriman dari email tersebut akan masuk ke dalam folder utama dan tidak akan masuk ke folder spam.

6. Dapat membuka email pribadi

Salah satu keunikan lainnya dari Gmail ini adalah kita dapat membuka email pribadi Anda. Contohnya saja Anda memiliki macam-macam email client atau email perusahaan yang umumnya adalah email khusus, maka Anda dapat mengakesnya dengan melalui Gmail. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot membuka email lainnya karena cukup membukanya di Gmail, Anda dapat menelusuri beberapa email berbeda dalam satu aplikasi saja.

7. Dapat melihat lampiran secara langsung

Keunikan lainnya dari Gmail ini adalah kita dapat melihat lampirannya secraa langsung tanpa harus keluar dari Gmail. Hal ini memudahkan kita dalam melihat terlebih dahulu lampiran yang dikirimkan sebelum akhirnya kita unduh berkasnya. Hal tersebut juga membuat kita lebih memahami apakah isi berkas tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan atau tidak. jika tidak sesuai, maka kita tinggal menghapusnya saja.

8. Dapat melihat email baru secara up-to-date

Terakhir adalah kita dapat mengetahui email baru tanpa harus melakukan refresh. Berbeda dengan beberapa email lainnya yang harus dilakukan refresh untuk mengetahui apakah ada email masuk atau tidak. Pada Gmail, email baru akan langsung masuk pada folder utama maupun folder spam dan biasanya akan ada notifikasi khusus jika Anda menggunakan smartphone maupun komputer.

Itulah 8 perbedaan email dan Gmail yang belum dipahami banyak orang. Apabila Anda belum memiliki email dari Gmail, Anda bisa pelajari cara membuat email baru Gmail di berbagai situs terpercaya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang besar.

You may also like