Sponsors Link

Fungsi Kabel HDMI dalam Perangkat Elektronik

Pasti anda sudah tidak asing dengan kabel HDMI? Dalam perangkat komputer bahkan alat-alat elektronik modern sudah banyak yang menggunakan kabel HDMI yang digunakan sebagai kabel fleksibel yang dapat menghubungkan antara sumber data dengan perangkat penerimaan. Kabel HDMI juga menghubungkan transmisi video standar hingga yang berkualitas tinggi . Selain itu juga dapat menerima data berupa audio digital multi kanal dengan kabel tunggal. Biasanya Kabel HDMI ditemukan pada DVD player, komputer, digital audio player dan lain-lainnya yang dihubungkan dengan LCD monitor ataupun digital audio amplifier. Nah untuk lebih jelasnya berikut di bawah ini tentang penjelasan Kabel HDMI beserta fungsinya yang dapat anda simak.

ads

baca juga:

Pengertian dan Fungsi Kabel HDMI

Kabel HDMI merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface yang mana merupakan standar antar muka interface yang dapat digunakan pada perangkat-perangkat visual dan audio berkualitas standar maupun tinggi (HD).  (baca juga: Fungsi IP Address , Fungsi Kabel UTP)

Dengan menggunakan kabel HDMI anda dapat menghubungkan seluruh sumber audio ataupun video berbentuk digital seperti Bluray Disc Player, PC, Video game, LCD monitor, Televisi digital dalam satu kabel. HDMI juga dapat mensupport berbagai macam format file mulai dari yang paling standar hingga berkualitas tinggi pada komputer, televisi maupun DVD player yang mendukung teknologi HDMI. Anda dapat melihat apakah alat elektronik anda mendukung kabel HDMI atau tidak dengan melihat sambungan untuk port kabel HDMI pada perangkat anda.  Dengan teknologi HDMI, anda dapat menghubungkan komputer atau laptop anda ke televisi, DVD player ke televisi, ataupun dengan perangkat lainnya yang telah terdapat dukungan teknologi HDMI. Biasanya fungsi kabel HDMI pada Televisi ( LED dan LCD) digunakan sebagai input untuk gadget agar TV dapat berfungsi sebagai sound processornya. (baca juga: Fungsi Komputer Server , Ciri Ciri Layar LCD Laptop Rusak)

Kabel HDMI memiliki beragam kelebihan yang tidak dimiliki kabel jensi lainnya seperti coaxial, VGA, componet video dan lain lain. Beberapa kelebihan yang dimiliki kabel HDMI antara lain adalah:

  • kabel HDMI tidak melakukan kompresi sinyal karena bekerja secara digital. Berbeda dengan jenis kabel sebelumnya yang menggunakan sistem analog. Oleh karena itu, kualitas video atau audio yang dihasilkan akan lebih baik. Dengan antarmuka analog pada teknologi sebelumnya membuat sumber harus menerjemahkan dahulu ke dalam analog sehingga file tersebut akan kehilangan kualitas dan membuat kualitas hasil keluarannya menjadi berkurang
  • kabel HDMI memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dari jenis kabel lainnya bahkan hingga mencapai 5 GB/detik. Oleh karena itu, kualitas file yang dihasilkan akan lebih baik.
  • Kabel HDMI merupakan kabel tunggal. Meskipun terdapat 19 kabel didalamnya namun terbungkus menjadi satu kabel tunggal sehingga penggunaan HDMI akan lebih praktis

Kabel HDMI memiliki beberapa jenis yaitu tipe micro, mini, dan full size HDMi. Untuk tipe micro biasanya digunakan pada smartphone. Untuk tipe mini biasanya digunakan pada PC tablet ataupun gadget. Dan untuk tipe full size biasanya digunakan pada PC, DVD player, laptop dan lain lainnya. (baca juga: Fungsi Cmos pada motherboard , Fungsi Virtual Memory)


Kabel HDMI yang biasa kita gunakan adalah tipe A standar yang memiliki 19 pin sedangkan untuk yang memiliki resolusi lebih tinggi biasanya disebut dengan tipe B. Tipe B memiliki 29 pin dan mampu membawa kanal video expanded yang digunakan untuk tampilan dengan resolusi yang tinggi bahkan lebih tinggi dari 1080 p. Namun sayangnya untuk tipe B belum banyak digunakan secara umum.

baca juga:

Sejarah kabel HDMI

HDMI pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002 dan mulai diluncurkan di pasaran pada tahun 2003. Saat ini HDMI sudah memiliki beberapa versi dari versi pertama 1.0. Berikut penjelasan tentang versi HDMI dengan kelebihan dan kekurangannya

1. Versi 1.0 ( diluncurkan pada Desember 2002)

Kelebihan:

  • dapat melakukan pemutaran video hingga 165 Mp/detik (1080p60/UXGA)
  • audio up to 192 kH
  • bisa menampilkan tampilan HDTV pada resolusi 1080 p dan resolusi WUXGA 1920×1200

Kekurangan:

  • bit rate nya hanya maksimum 4,9 Gbps

(Baca Juga: Pengertian Algoritma Brute Force dan Greedy , Kelebihan dan Kekurangan Matrikulasi)

2. Versi 1.1 (Mei 2014)

Kelebihan:

3. Versi 1.2  (Agustus 2005)

Kelebihan:

  • terdapat tambahan satu bit audio hingga CD audio dapat mencapai 8 kanal
  • tersedia kebal HDMI tipe A untuk konektor PC
  • dibekali dengan teknologi Native RGB dengan ruang YCbCr warna
  • tegangan lebih rendah

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online , Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce)


4. Versi 1.3 A (november 2006)

Kelebihan:

  • terdapat pengaturan untuk kabel sink tipe C
  • adanya tambahan fungsi source termination dan fitur kontrol audio
  • perubahan pada CEC
  • higher speed, kecepatan single bandwith dapat mencapai 3,40 Mhz (10,2 Gbps) untuk mendukung perangkat HD
  • dilengkapi dengan test spesification
  • Sudah mensupport Deep Color dan xvYCC color space sehingga dapat meningkatkan jumlah warna yang ditampilkan

(Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 Pro Final , Kelebihan dan Kekurangan OS Android)

5. Versi 1.4 ( Juni 2009)

  • HDMI Ethernet Channel
  • Audio Return Channek
  • 3D Support
  • 4K Support
  • Content Type
  • HDMI Micro connector
  • Addtional color space

(Baca Juga: Software Gratis Untuk Edit Video , Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit)

Untuk masalah harga, Kabel HDMI lebih mahal bila dibandingkan jenis kabel lainnya karena berbagai fitur fitur canggih yang ditawarkan didalamnya. HDMI sendiri akan terus berkembang dan menjadi salah satu teknologi di masa depan. Hal ini terbukti dengan adanya instalasi port HDMi pada beberapa perangkat portabel gadget ternama dipasaran.

HDMI dapat menjadi sebuah terobosan teknologi yang memungkinkan penggunanya dapat menikmati video dan audio dengan kualitas yang tinggi tanpa mengharuskan menggunakan berbagai macam kabel yang terkadang sangat mengganggu. Bagi anda yang belum pernah menggunakan kabel HDMI tidak ada salahnya untuk mulai menggunakan kabel HDMI dan mencoba fitur yang ada didalamnya baik dari gadget maupun komputer anda. Nah itu tadi beragam fungsi dan informasi yang terkait mengenai kabel HDMI. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 06:08 Oleh :
Kategori : Hardware