Sponsors Link

5 Penyebab Harddisk Eksternal tidak Terbaca dan Terdeteksi

Sponsors Link

Harddisk eksternal merupakan salah satu solusi penyimpanan data yang banyak digunakan hingga saat ini. Harddisk eksternal banyak digunakan, karena harddisk eksternal mampu menyimpan banyak data, baik sebagai data utama ataupun data backup atau cadangan saja. Nah, tentu saja hal ini membuat keberadaan harddisk eksternal menjadi sangat vital dan perannya sangat penting bagi banyak user. Namun demikian ternyata, jenis harddisk eksternal pun seringkali tidak luput dari masalah. Ada beberapa masalah yang biasa muncul pada harddisk eksternal, seperti :

  • Harddisk eksternal tidak dapat terbaca oleh komputer
  • Harddisk eksternal mengalami kerusakan komponen sehingga harus di scan dan diperbaiki
  • Data pada harddisk eksternal hilang
  • Kerusakan harddisk eksternal secara fisik

Harddisk eksternal tidak terbaca

Dari sekian masalha yang biasa muncul pada harddisk eksternal, ada masalah yang cukup mengganggu, yaitu harddisk eksternal yang tidak terbaca. Sebenarnya apa sih yang bisa menyebabkan harddisk eksternal tidak terbaca? Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab kerusakan harddisk eksternal tidak terbaca :

1. Port USB yang mengalami masalah, baik pada driver, maupun hardwarenya

Penyebab harddisk eksternal tidak terbaca yang pertama adalah karena masalah yang berasal dari komputer atau device tempat anda akan menghubungkan harddisk eksternal tersebut. Biasanya, masalah yang muncul adalah dari driver port USB yang terinstall pada komputer anda, ataupun memang secara fisik port USB yang ada di dalam komputer anda mengalami kerusakan,seperti korosi, patah, dan lain sebagainya.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Biasanya, masalah pada port USB komputer ini bisa terjadi karena port USB komputer tersebut terkena air, ataupun pemasangan port yang tidak tept, sehingga mudah mengalami kerusakan. Selain itu, dari segi software, alias drivernya, biasanya terdapat masalah pada driver port USB komputer anda, misalnya harus diupdate, atau memang proses penginstallan yang kurang tepat, sehingga menyebabkan port USB tersebut tidak dapat membaca harddisk Eksternal.

Bagaimana mengaatasinya?

Untuk megnatasinya, pertama anda harus memastikan, bahwa kerusakan memang terjadi pada driver dan juga pada port USB di komputer anda. cobalah untuk melakukan update pada driver port USB komputer anda, atau melakukan proses install ulang. Apabila belum berhasil, maka anda bisa mengganti port usb dengan yang baru.

Sponsors Link

2. Status dari harddisk eksternal yang berada pada level warning

Fungsi harddisk eksternal, sama dengan harddisk internal memiliki level kesehatan tersenduri. Level kesehatn dari harddisk eksternal ini bisa kita deteksi dari software – software tertentu, seperti HDD Tune. Biasanya, ketika kita melakukan deteksi level kesehatan pada harddisk eksternal, dan levelnya menunjukkan peringatan atau warning, maka hal ini akan mempengaruhi kierja dari harddisk eksternal tersebut. Biasanya, level kesehatan harddisk yang sudah berada dalam tahapan level warning, akan lebih mudah tidak terbaca, dan lebih mudah mengalami kerusakan. Karena itu, anda harus sering melakukn pengecekan pada harddisk eksternal anda.

3. Format harddisk eksternal yang tidak disupport oleh sistem operasi ataupun processor

Penyebab berikutnya yang membuat harddisk eksternal tidak terbaca adalah karena faktor format dari harddisk eksternal yang tidak mampu dikenali oleh komputer, processor ataupun device tertentu. apabila anda menghubungkan harddisk eksternal ke dalam komputer, mungkin dapat dengan mudah terbaca, karena komputer mampu mendeteksi berbagai macam format harddisk. Namun demikian, beberapa perangkat seperti media player, televisi dan juga mini computer tidak dapat membaca beberapa format harddisk.

Jadi, apabila harddisk eksternal anda tidak terbaca, ada kemungkinan bahwa hal ini disebabkan karena sistem perangkat yang anda gunakan tidak support untuk mendeteksi keberadaan format harddisk ekternal yang anda miliki.

sponsored links

4. Virus dan malware

Faktor penyebab berikutnya, yang membuat harddisk eksternal anda tidak terbaca adalah karena faktor virus dan juga malware. Ya, seperti kit aketahui, virus komputer saat ini sangat ganas, dan bisa mematikan sebuah sistem komputer. Salah satu sistem yang bisa dibuat rusak oleh virus ini adalah harddisk eksternal. Beberapa virus mampu membuat harddisk menjadi rusak, dan pada akhirnya harddisk tersebut malahan tidak dapat terdeteksi di komputer anda. untuk megnatasi permasalahan ini sebenarnya cukup sulit, karena membutuhkan orang yang berpengalaman dalam membasmi virus yang menyerang harddisk eksternal.

Info tentang malware lainnya :

5. Kerusakan pada port USB component di harddisk eksternal itu sendiri

Penyebab harddisk tidak terbaca berikutnya adalah karena faktor kerusakan yang terjadi pada fisik harddisk itu sendiri. Harddisk eksternal pada dasarnya merupakan salahs atu komponen yang rentan akan kerusakan, terutama dari segi bagian fisiknya. Biasanya, ada beberapa hal yang menyebabkan harddisk tersebut megnalami kerusakan, seprti :

  • Harddisk yang terjatuh dengan keras
  • Harddisk secara tiba – tiba kehilangan pasokan listrik (loss power)
  • Mencabut kabel harddisk secara paksa
  • Port mini usb atau usb component pada harddisk mengalami korosi
  • Harddisk eksternal terkena air

Masalah-masalah tersebut merupakan beberapa jenis ciri ciri harddisk eksternal yang sering terjadi. Karena itu, anda harus memperlakukan harddisk eksternal dengan baik. Kerusakan sedikit saja pada harddisk eksternal malahan akan menyebabkan harddisk eksternal anda tidak terbaca sama sekali.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 24th, May 2016 / 08:37 Oleh :
Kategori : Harddisk