Sponsors Link

Cara Memperbaiki Mouse – Penyebab dan Langkah Perbaikan

Sponsors Link

Mouse, atau dalam bahasa Indonesia disebut tetikus (merujuk pada salah satu nama komponen komputer, bukan hewan pengerat) sampai saat ini masih sangat sering digunakan oleh para pengguna komputer, walaupun pada komputer portabel (laptop, notebook, dan lain sebagainya) perangkat mouse sudah digantikan oleh touchpad atau bahkan touchscreen, pada kenyataannya perangkat mouse masih sangat dibutuhkan, terutama untuk kegiatan desain grafis (beberapa desainer grafis mengaku lebih mudah melakukan kegiatan desain grafis menggunakan mouse ketimbang touchpad atau touchscreen) juga untuk gaming (terutama para gamer yang memainkan permainan 3D ber-genre first-person view). (Baca juga : Jenis-jenis Mouse Komputer , Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis)

Oleh karena itu kerusakan mouse dapat sangat mempengaruhi kinerja seseorang dalam penggunaan perangkat komputer, dalam artikel ini DosenIT akan membahas mengenai cara memperbaiki mouse, namun sebelum itu, layaknya seorang dokter yang tidak bisa memberikan obat atau melakukan tindakan penanganan medis sebelum mengetahui penyakit apa yang diderita pasien, dan untuk mengetahui penyakit apa yang tengah diderita pasien, dokter tersebut akan melakukan diagnosis (mengenali ciri-ciri suatu penyakit pada pasien).(Baca juga : Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi)

Dengan demikian mari kita kenali beberapa gejala yang mungkin terjadi pada mouse yang rusak sehingga kita dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaikinya.(Baca juga : Fungsi Keyboard dan Mouse , Jenis Jenis Mouse Komputer)

  1. LED pada bagian bawah mousetidak menyala

Pada mouse optik (optical mouse) ada lampu LED (biasanya mengeluarkan cahaya berwarna merah) yang menyala dibagian bawah mouse, saat USB jack pada mouse dihubungkan ke USB port pada komputer, ada dua buah kabel  power didalamnya yang mengalirkan daya sebesar 5volts dari komputer ke perangkat mouse biasanya warna merah (+5volts) dan warna hitam (Ground). (Baca juga : Fungsi Mouse pada Perangkat Komputer , Jenis-jenis Booting Komputer)

Dalam kasus ini, lampu LED pada mouse sama sekali tidak menyala, hal tersebut mengindikasikan adanya kabel (merah, hitam, atau keduanya) yang terputus, mungkin karena adanya tarikan yang kuat sehingga kabel terputus dibagian dalamnya. Atau bisa sajahal tersebut mengindikasikan lampu LED yang sudah rusak.

  • Penyebab

Ada kabel yang terputus (di dalam).

Lampu LED sudah rusak dan harus diganti dengan lampu LED baru.

(Baca Juga: Jenis – Jenis VGA Card , Tips Membeli Kapasitas Ram Yang Sesuai Kebutuhan)

  • Alat yang Digunakan

Obeng plus (+) berukuran kecil

Multitester

Solder + Timah Solder

Gunting/Tang untuk memotong

Kabel USB dan lampu LED (bila perlu)

(Baca juga: Jenis – Jenis Port Jaringan , Fungsi Port pada Komputer)

sponsored links

  • Langkah Langkah perbaikan

Buka cassing (penutup) mouse dengan obeng plus (+) kecil (simpan baut dengan hati-hati agar tidak hilang). Kemudian potong kabel mouse menggunakan gunting atau tang pemotong, usahakan potong pada pangkalnya, sisakan sekitar 1cm atau 2cm.

Uji kabel yang telah terpotong tadi dengan multitester (atur multitester pada ohm-meter), fokuskan pengujian pada kabel merah dan hitam (uji kabel yang lain bila perlu), jika hasil pengujian menunjukkan kabel tidak terhubung (terputus didalam), potong kabel hingga bagian yang terputus ditemukan, atau ganti kabel dengan yang sejenis bila memungkinkan (bisa di-”kanibal” dari mouse rusak lain atau membeli dari toko elektronik). (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kabel Coaxial , Keuntungan Menggunakan WLAN daripada Media Kabel)

Jika sudah tidak ada masalah, atau memang tidak ada masalah, pasang kembali kabel pada mouse menggunakan solder dan timah dengan kuat, pastikan warna kabel dipasangkan pada tempatnya semula.

Jika kabel masih tidak menyala, kemungkinan selanjutnya adalah lampu LED yang sudah rusak, perbaiki dengan cara mencabut lampu LED dengan melepas kaki lampu LED dengan solder, pastikan board bersih dari sisa timah bekas pelepasan, gunakan lampu LED baru (cabut dari mouse bekas atau beli dari toko elektronik), hati-hati jangan sampai posisi kutub positif dengan negatif tertukar. Pasang dengan kuat menggunakan solder dan timah.(Baca Juga: Penyebab Keyboard Laptop Rusak , Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri)

Jika sudah selesai, coba hubungkan USB jack mouse pada USB port Komputer, bila sudah tidak ada masalah pasang kembali cassing mouse.(Baca juga : Macam-macam Mouse)

  1. Tombol pada mouse tidak dapat di-klik

Pada umumnya mouse terdiri dari dua tombol (kiri dan kanan) dan satu scroll-button (tombol gulir) diantara tombol kiri dan kanan, dalam kasus ini mouse tidak dapat di klik, biasanya tidak terdengar bunyi “klik” saat tombol ditekan. (Baca Juga: Fungsi Transport Layer , Fungsi Sistem Operasi)

  • Penyebab

Kerusakan pada tombol mouse, biasanya karena pemakaian yang berlebihan atau memang karena mouse sudah berumur cukup lama, ini juga umumnya terjadi pada mouse yang digunakan oleh publik dengan intensitas penggunaan yang padat, misalnya lab komputer atau warnet. (Baca Juga: Perangkat Input dan Output Komputer , Fungsi Bluetooth pada Komputer)

  • Alat yang Digunakan

Obeng plus (+) berukuran kecil

Solder + Timah Solder

Tombol mouse yang masih bagus (baru atau mencabut dari mouse bekas)

  • Langkah Perbaikan

Buka cassing mouse dengan melepas baut menggunakan obeng plus kecil,

Lepas tombol mouse yang rusak dengan bantuan solder (panaskan timah pada kaki tombol hingga tombol dapat dicabut), bersihkan board dari sisa timah yang mungkin masih menempel. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online , Jenis Scanner dan Fungsinya)

Pasang tombol dengan hati-hati, sesuaikan posisinya seperti tombol sebelumnya, hal tersebut guna mengantisipasi tombol mouse yang tidak pas dengan cassing mouse.

Setelah tombol mouse terpasang, uji cobakan terlebih dahulu fungsi klik kanan dan klik kiri pada komputer, jika sudak tidak ada masalah, pasang kembali cassing mouse.(Baca juga : Jenis Kerusakan Keyboard Laptop , Tips Memilih Power Supply yang Bagus Untuk PC Gaming)

Sponsors Link

  1. Lampu menyala, tombol dapat di-klik, tapi cursor tidak bergerak

Kabel mouse telah terhubung ke komputer, lampu bagian bawah mouse menyala dan tombol dapat di klik dengan baik (biasanya ditandai dengan respon pada desktop saat tombol kanan ditekan), namun cursor pada desktop tidak bergerak saat mouse digeser, atau gerakan cursor tidak sesuai dengan gerakan mouse. (Baca Juga: Perbedaan Notebook dan Laptop , Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya)

  • Penyebab dan Solusi

Biasanya (sepanjang pengalaman penulis) hal tersebut disebabkan oleh:

  1. Alas mouse licin, mouse optik perlu alas dengan tekstur yang agak kasar dengan warna gelap, alas seperti kaca atau plastik (sampul buku) umumnya memantulkan cahaya meskipun sedikit. Gunakan alas khusus untuk mouse optik.
  2. Optik mouse sudah rusak, meskipun lampu mouse tetap menyala, namunfungsi optiknya telah rudak sehingga dapat dipastikan LED-nya harus diganti, ikuti langkah pada kasus pertama untuk mengganti optik mouse.
  3. Coba gunakan mouse pada komputer lain bila memungkinkan, jika hasilnya mouse dapat digunakan dengan baik maka kemungkinan besar perangkat mouse tidak terdetekdi dengan baik pada sistem operasi, gunakan software seperti MouseFix untuk mendeteksi masalah (mungkin driver, registry, file yang hilang atau apapun masalahnya).

(Baca juga : Ciri-ciri Keyboard Laptop Rusak , Fungsi Tombol ESC)

Harga mouse memang tergolong murah, namun untuk menekan biaya cara memperbaiki mouse sebagaimana DosenIT ulas pada pembahasan diatas dapat dilakukan (dengan resiko ditanggung sendiri ya..), apalagi jika jumlah mouse yang cukup banyak (misalnya di lab komputer atau warnet), daripada mouse tersebut dibuang ke tempat sampah begitu saja. Selain itu sampah elektronik seharusnya ditangani dengan cara khusus, bukan dibuang ketempat sampah bersamaan dengan sampah organik/anorganik lain. Jadi, memperbaiki mouse sendiri selain dapat menghemat biaya pembelian mouse baru juga dapat membantu dalam upaya menjaga lingkungan. (Baca Juuga: Jenis SSL Website , Bahasa Pemrograman Web Paling Populer)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 11th, December 2016 / 13:11 Oleh :
Kategori : Mouse