Sponsors Link

10 Manfaat Youtube bagi User

Sponsors Link

Youtube merupakan salah satu media sosial yang cukup populer dan digandrungi masyarakat. Media satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses video maupun membaginya pada orang lain. Hal inilah yang membuatnya begitu populer sebab Youtube bisa melayani pengguna dengan berbagai kepentingan dan keperluan yang berbeda. Ada yang mengaksesnya untuk mendapat informasi seputar bisnis, hiburan, hobi, gaya hidup dan lain-lain. Ada pula yang bahkan menjadikannya sebagai salah satu pendukung inti dari profesi yang dijalani. Dengan posisi dan fungsi yang demikian, Youtube menawarkan banyak manfaat dan kemudahan bagi para pengguna dari segmentasi yang berbeda-beda.

ads

Jika Anda rajin—atau setidaknya pernah—berselancar di dunia maya, hampir bisa dipastikan Anda akan mengenal media sosial yang satu ini. Kalaupun tidak mengunjungi situs resminya langsung, berbagai halaman yang Anda akses dan menyajikan fitur video cenderung akan memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Youtube. Karena itu, penting kiranya bagi Anda untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang situs ini. Selain untuk memaksimalkan fungsinya untuk keperluan Anda masing-masing, informasi yang demikian juga dapat membukakan mata Anda tentang banyak hal, semisal investasi bisnis, gagasan-gagasan baru dan lain sebagainya.

Untuk itu, point-point di bawah ini akan membekali Anda informasi yang memadai mengenai Youtube.


Youtube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga mantan pekerja PayPal, yakni Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Ketika itu, nama domain Youtube baru diaktifkan sedang ketiga pendirinya menyiapkan launching pertama laman tersebut sedemikian rupa. Tiga bulan kemudian, yakni pada Mei 2005, preview Youtube diluncurkan dan bisa diakses khalayak kemudian disusul peluncuran resminya enam bulan kemudian sekitar November pada tahun yang sama.

Ketika itu, Youtube mendapat suntikan investasi dari beberapa pebisnis papan atas sehingga perkembangannya tidak membutuhkan waktu lama. Tahun selanjutnya, 2006, Youtube mulai menepati urutan teratas dalam kategori situs paling populer versi beberapa lembaga polling. Tak mengherankan kemudian jika pada akhir 2006, Google membeli Youtube seharga 1,65 milyar USD dan disebut-sebut sebagai akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Google.

Hingga saat ini Youtube masih beroperasi dan melayani jutaan pelanggan tiap harinya. Popularitasnya tetap diakui sebab Youtube cukup friendly pada pengguna sehingga tidak menyulitkan pengguna amatir untuk menikmati dan memaksimalkan fitur-fitur yang ditawarkan. Dengan slogan broadcast yourself, Youtube memungkinkan sekaligus memudahkan siapapun untuk berkarya dalam bentuk video dan memublikasikannya sehingga bisa diakses masyarakat luas dan mendapatkan komentar, saran hingga kritik-kritik yang beragam.

(baca juga: sejarah jaringan komputer)


Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akhir-akhir ini, utamanya dengan meroketnya produk-produk unggulan yang kecil namun multifungsi, semisal berbagai gadget mulai dari telepon pintar, tab dan lain-lain, aksesibilitas Youtube juga meroket. (baca juga: fungsi teknologi informasi dan komunikasi)

Jika dulu Youtube dan laman-laman daring lain hanya bisa diakses menggunakan laptop atau komputer pribadi, maka belakangan situs-situs tersebut sudah bisa dikunjungi dari gadget kecil seukuran genggaman tangan, yaitu ponsel berbasis smartphone.

Meluasnya akses internet ke berbagai pelosok juga membuat situs-situs favorit, termasuk Youtube, semakin accessible di kalangan para pengguna. Ini tentu merupakan kabar gembira sebab setiap pengguna memiliki kesempatan untuk mengakses berbagai macam video maupun memublikasikan karya yang mereka buat.


Seperti disinggung di atas, fitur utama yang ditawarkan Youtube adalah kemudahan mengakses serta membagikan video kepada khalayak. Namun demikian, perkembangan dan pembenahan simultan yang dilakukan Youtube tidak hanya berhenti sampai di situ, akan tetapi juga merambah pada hal-hal lain yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan pengguna.

Di bawah ini adalah manfaat Youtube yang lebih riil dan langsung aplikatif terhadap berbagai keperluan dan kebutuhan pengguna;

ads

1. Memberikan Layanan Gratis

Secara umum, Youtube menawarkan layanan gratis khususnya untuk menikmati dan mengakses video-video yang masuk dalam sistemnya. Ini berarti bahwa untuk mengakses video apapun, seorang pengguna tidak perlu memiliki akun premium atau membayar sejumlah uang dalam skala waktu tertentu. Paling banter, seorang pengguna harus membeli pulsa dan menggunakan kuotanya untuk mengakses video-video yang menarik perhatiannya. Selain itu, pengguna dapat mengakses video-video tersebut secara gratis.

Ketentuan yang sama juga berlaku pada layanan mengunggah atau menampilkan video dan membuatnya accesible oleh pengguna dan khalayak ramai. Kecuali dalam keadaan dan ketentuan tertentu, seperti video dengan kualitas tinggi, tingkat kecerahaan maksimal dan berbagai fitur ungguan lainnya, tarif premium bisa diberlakukan. Ini biasanya dapat ditemukan pada akun-akun resmi perusahaan besar yang sudah memiliki nama dan menggunakan Youtube sebagai media promosi, branding atau sekadar melayangi kebutuhan pelanggan setianya.

2. Men-download (Unduh) Beberapa Video Tertentu

Selain memudahkan pengguna untuk mengakses dan atau menonton seluruh video yang masuk dalam database-nya, Youtube juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh beberapa video-video tertentu. Video yang demikian biasanya berukuran HD atau High Definition sehingga jika seorang pengguna ingin menonton sebuah video berkali-kali, ia hanya perlu mengunduhnya. Setelah berhasil terunduh, sebuah video dapat disimpan di gadget masing-masing untuk dinikmati kapanpun tanpa menggunakan sambungan internet.

3. Mengakses dan Berbagi Informasi seputar Hal-Hal Teknis

Banyak pengguna yang mengakses Youtube untuk mengetahui cara-cara melakukan beberapa hal tertentu, seperti demo memasak, cara menggunakan aplikasi dalam komputer atau telepon pintar, meracik jamu dan obat herbal, mendaur ulang sampah, cara praktis melakukan berbagai hal yang awalnya rumit atau tidak efektif, mengasah berbagai skill dan lain sebagainya.

Karena itu, selain Google, Youtube sering menjadi referensi utama dan pertama untuk mendapatkan informasi tentang apapun. Bedanya, jika Google menyajikan banyak pilihan sumber informasi, mulai dari buku, artikel ilmiah, artikel populer, berita dan lain sebagainya, maka Youtube secara khusus menyediakan video.

Inilah yang membuat Youtube istimewa karena ia menggabungkan beberapa hal mulai dari informasi, layanan audio serta layanan visual. Kombinasi tiga hal tersebut tentu lebih dapat membantu pengguna yang ingin memelajari sesuatu karena ia mendapatkan gambaran utuh mengenai cara melakukan hal tertentu yang efektif serta tepat guna.

Tak hanya menikmati informasi yang dibagikan pengguna lain, Youtube juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi seputar hal yang mereka kuasai, semisal teknik berenang dengan berbagai gaya, trik melipat baju dengan cepat dan hasil yang rapi, cara bermain bola, simulasi mengatasi kebakaran, simulasi gosok gigi yang baik dan benar, simulasi stand up comedy dan lain sebagainya. Yotube di sini kemudian menjadi semacam rumah bersama di mana para pengguanya secara aktif take and give pengetahuan tentang hal-hal teknis yang mereka kuasai.

(baca juga: manfaat facebook)

4. Mengakses Video Streaming

Mengakses video streaming, baik live maupun tidak, merupakan manfaat lain yang ditawarkan Youtube. Siaran yang ditayangkan di televisi lokal, nasional bahkan internasional bisa diakses melalui Youtube, baik siaran tersebut tengah atau telah disiarkan. Karena itu, pengguna tidak perlu khawatir dan cemas akan ketinggalan siaran yang mereka suka, semisal pertandingan bola, cricket, siaran berseri atau siaran-siaran tertentu yang diminati. Jika mereka tengah di perjalanan dan tidak dapat mengakses TV, siaran di Youtube dapat sangat membantu.

Hal yang sama juga terjadi ketika si pengguna ketinggalan menonton acara dan siaran kesayangannya karena satu atau lain hal. Ia hanya tinggal mengunjungi laman Youtube, memasukkan kata kunci yang sesuai di kotak pencarian dan beberapa hasil pencarian yang relevan akan muncul. Kotak pencarian Youtube ini, terletak di bar atas bagian kiri, tak ubahnya kotak ajaib pada search engine Google yang dapat memungkinkan penggunanya mendapatkan informasi apapun yang mereka butuhkan.

5. Mengenalkan dan Memasarkan Produk

Sebagian besar pengguna Youtube juga menggunakan media sosial ini untuk menguatkan dan memajukan bisnis yang tengah dikelola. Memasarkan sebuah produk di dunia daring tak ubahnya membuka gerai baru yang dapat melayangi pelanggan dan konsumen dalam jumlah yang lebih besar. Ini utamanya cocok untuk para pebisnis online yang memasarkan dan mengenalkan produknya bermodal gadget dan sambungan internet. Hal ini juga semakin membuktikan bahwa manfaat jaringan komputer sangatlah dibutuhkan untuk mengkoneksikan banyak orang dalam satu lingkup, yaitu internet.

Youtube dalam posisinya sebagai gudang video dapat menjadi alat marketing efektif dalam mengenalkan dan memasarkan produk. Jika produk yang dipasarkan merupakan produk industri rumahan, misalnya, maka pemiliknya dapat mengunggah video tentang teknik dan proses pembuatan produk sehingga pengguna tidak berpikir dua kali tentang kebersihan dan proses produksi yang aman dan proporsional. Video yang diunggah ke Youtube juga bisa menjadi media ampuh untuk sekadar menampilkan katalog produk yang ditawarkan.

Berbeda halnya dengan industri rumahan yang cenderung masih berskala kecil, para produsen produk yang sudah memiliki nama besar menggunakan cara lain dalam memasarkan produknya melalui Youtube. Mereka biasanya menggunakan iklan seperti halnya iklan yang ditayangkan di televisi.

6. Mengakses Video Informatif

Jika Anda memerhatikan acara dan siaran TV belakangan, Anda akan banyak bertemu dengan keterangan bertuliskan Courtesy: Youtube di bagian bawah layar televisi. Hal tersebut menandakan bahwa tim kreatif acara tersebut banyak menggunakan Youtube sebagai referensi dalam menyusun konten acaranya. Ini sekaligus juga menandakan bahwa ada banyak sekali informasi yang bisa didapatkan hanya dengan mengakses Youtube, mulai dari video tentang berita terkini, berita lawas atau sejarah, video dokumenter mulai dari yang profesional hingga amatir, video tematik hingga video ensiklopedik dan lain sebagainya.

Dengan begitu, jika Anda merupakan orang yang suka berburu informasi, apapun jenis informasinya, Youtube bisa menjadi medium yang sangat membantu. Berbagai rekaman CCTV juga banyak diunggah ke Yotube sehingga Anda akan banyak mendapatkan video-video tanpa skenario maupun rekayasa seperti pencopetan di sebuah swalayan, kecelakaan lalu lintas, fenomena alam, kejadian lucu dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Keunggulan ini juga berguna bagi pengguna dari berbagai segmen dan latar belakang. Seorang murid dapat memperoleh pelajaran tambahan dari Youtube, montir dapat mengetahui teknik otomotif tertentu, musisi amatir dapat mendapatkan simulasi bermainn gitar yang benar dan lain sebagainya. Tak heran jika kemudian Youtube menjadi referensi yang sangat diminati untuk menggali informasi apapun yang dibutuhkan penggunanya.

Namun,meskipun banyak video informatif, user perlu waspada terutama anak-anak yang akan mengakses video yang tidak sesuai dengan umurnya, karena dikhawatirkan nantinya akan menimbulkan hal buruk atau bahkan merusak moral anak tersebur. Dalam hal ini tentu saja orangtua perlu menaru perhatian pada buah hatinya. (baca juga: dampak positif dan negatif sosial media)

7. Mendukung Industri Hiburan

Seperti yang mungkin Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari, utamanya jika Anda rajin menonton televisi, Youtube banyak berjasa menelorkan artis-artis papan atas di dunia hiburan. Meski tidak semua karier mereka bertahan lama, beberapa di antaranya tetap bersinar dan membuktikan kemampuannya.

Sebut saja Norman Kamaru, Duo ‘Keong Racun’ hingga Justin Bieber. Nama-nama tersebut mendulang popularitasnya berkat ‘jasa’ Youtube setelah video yang menampilkan kelebihan mereka beredar di dunia maya. Youtube di sini dapat mengorbitkan mereka yang berbakat ke kancah dunia hiburan tanpa mengelurkan banyak modal dan mengandalkan seleksi alam atau respon positif dari para Youtuber atau pengguna setia Youtube.

Di sisi lain, Youtube juga membantu pengguna untuk mengakses video yang mereka inginkan semisal video clip dari penyanyi atau band kesayangan, film dari aktor, aktris atau sutradara favorit, tayangan yang sedang in dan lain sebagainya. Sebagian dari video tersebut merupakan video bergenre hiburan, termasuk streaming siaran hiburan yang mereka lewatkan, sehingga kehadiran Youtube di sini sangat berperan penting dalam menyukseskan dan memajukan industri dunia hiburan. Itulah mengapa, para insan industri hiburan juga memanfaatkan keadaan yang demikian dengan mengiklanlan siarannya di Youtube.

(baca juga: dampak positif dan negatif internet)

8. Menguatkan Branding Lembaga/Insititusi

Selain rutin dikunjungi oleh para pebisnis yang ingin memasarkan produk, siswa yang ingin mengetahui video ilmiah terkait pelajaran yang mereka terima di sekolah, pengguna yang ingin mengetahui banyak informasi tentang hobi atau gaya hidup yang mereka miliki, Youtube juga digunakan sebagai media branding lembaga atau organisasi. Ini utamanya terkait dengan penguatan profil lembaga serta ekspansi untuk mendapatkan peluang kerjasama atau suntikan dana dari lembaga penyandang dana. Dengan merekam aktivitas rutin yang terjadi di dalam suatu lembaga atau lembaga-lambaga binaannya, khalayak dapat memiliki gambaran lebih utuh mengenai suatu organisasi tertentu.

9. Mengetahui Respon dan Komentar Khalayak

Fitur ‘suka’ dan ‘komentar’ dalam Youtube sangat memudahkan pengguna yang mengunggah dan membagi sebuah video tertentu untuk mengetahui respon dan komentar konsumen terhadap kualitas maupun konten videonya. Ini tentu sangat berharga sebagai bahan evaluasi dan referensi dalam membuat video berikutnya

10. Memfasilitasi Pengguna Menguasai Skill Dasar Membuat Video

Tidak hanya memungkinkan penggunanya mengakses dan membagi video, Youtube juga memungkinkan mereka—secara otodidak—belajar mengutak-atik video dan menambah kualitasnya. Ini misalnya dapat dilihat dalam fitur Youtube Editor. Meskipun fitur yang ditawarkan jauh lebih sederhana dan sedikit dibanding aplikasi edit video lainnya, layanan ini sangat cocok untuk pengguna. Minimal, mereka dapat mengetahui cara menggabungkan, memutar, memotong, slow motion hingga menemukan hak cipta musik gratis untuk ditambahkan kepada video yang dibuat pengguna. (baca juga: software gratis untuk edit video)

Fitur-fitur lain juga sangat membantu dan memanjakan pengguna untuk lebih nyaman dan mudah menikmati video-video yang masuk dalam sistem Youtube. Beberapa di antaranya adalah Feather Beta Youtube, Youtube Charts, Youtube Disco, Youtube Leanback, YoutubeMySpeed,Youtube Live dan lain sebagainya.

artikel terkait lainnya:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 09:27 Oleh :
Kategori : Internet