2 Cara Reset Printer Epson L210 Wajib Diketahui

Printer adalah salah satu jenis perangkat keras yang sudah menjadi perangkat keras utama yang menemani aktivitas kita sehari-hari. Oleh karena itulah, apabila perangkat yang satu ini mengalami masalah, tentu saja kita harus bisa mengatasi masalah-masalah printer yang bisa menghambat aktivitas kerja yang dilakukan oleh para pengguna printer tersebut.

ads

Apabila masalah printer sudah terlalu parah, maka salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah printermu adalah dengan cara melakukan reset. Printer Epson L210 adalah salah satu jenis printer yang sering kali digunakan untuk bekerja. Oleh karena itu, apabila kamu memiliki atau menggunakan printer ini, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara mereset printer Epson L210 agar bisa dikembalikan ke keadaan semula ketika mengalami masalah saat hendak digunakan.

Jadi, bagaimana saja cara reset printer Epson L210 tersebut? Apakah kamu sudah mengetahuinya atau mungkin malah belum sama sekali tahu? Jangan khawatir, dengan beberapa informasi di bawah ini, kamu pasti bisa mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mereset printer Epson L210 dengan mudah dan tepat.

Penyebab Printer Butuh Reset

Sebelum berbicara masalah bagaimana cara yang tepat untuk melakukan reset terhadap printer yang kamu miliki, maka ada baiknya apabila kita mempelajari terlebih dahulu mengapa printer itu bisa butuh direset. Dengan mempelajari hal ini, tentunya kita bisa mengetahui apa saja penyebab printer butuh reset dan bisa menghindarinya apabila nanti kita memiliki printer. Dengan demikian, kita tidak akan pelu melakukan reset terhadap printer yang kita miliki.

Memangnya apa saja penyebab printer butuh untuk direset? Ada berbagai macam hal yang telah kami rangkum dari berbagai sumber mengenai penyebab printer Epson L210 butuh direset. Beberapa hal di antaranya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Paper jam

Paper jam adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan printer yang kamu miliki menjadi macet dan tidak bisa mencetak dengan baik dan normal. Hal ini disebabkan karena adanya bagian kertas yang menghalangi perputaran printer sehingga membuat printer tidak bisa menempatkan cartridge dan juga melakukan hal lainnya sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh si pengguna printer tersebut. Oleh karena itulah, paper jam harus dihindari karena selain membuat printer butuh reset, juga bisa memperlama waktu pencetakan dan juga memiliki risiko memperlama jatah waktu pakai printer Epson L210 yang kamu miliki. Salah satu penyebab printer tidak bisa mencetak ini kadang kala sering terjadi ketika ada banyak kertas yang perlu di print.

2. Tinta habis

Selain karena masalah paper jam, hal lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya masalah printer butuh reset adalah karena tinta habis. Tinta yang habis disebabkan karena berbagai macam hal, mulai dari telat mengisi tinta, saluran tinta tidak lancar, dan berbagai macam masalah lainnya yang pada prinsipnya bisa membuat cartridge tidak memiliki tinta yang cukup untuk melakukan print. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, tentu saja masa pakai cartridge bisa berkurang cukup banyak. Oleh karena itulah kamu harus bisa menjaga agar suplai tinta tidak sampai kekurangan. Jangan lupa untuk menerapkan cara mengatasi tinta printer tidak mengalir agar kamu bisa mengatasi masalah printer yang mengalami macet tinta.


3. Cartridge error

Selain karena beberapa hal di atas, hal lain yang juga bisa menyebabkan kita harus melakukan reset printer adalah karena cartridge yang mengalami error. Cartridge yang error bisa disebabkan karena berbagai hal, selain karena dua hal di atas. Penyebab lain di antaranya adalah karena sudah terlalu banyak dipakai, mengalami cacat fisik, dan berbagai macam kerusakan atau masalah yang lain. Apabila cartridge error, tentu saja hal ini akan menyebabkan printer tidak akan bisa bekerja dan butuh diatasi dengan cara dan langkah yang tepat. Oleh karena itulah kita harus mengetahui bagaimana cara menyimpan printer dalam waktu lama apabila printer Epson L210 tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama agar cartridge tidak mudah rusak.

Cara Melakukan Reset Printer Epson L210

Setelah mengetahui beberapa penyebab printer mengalami masalah dan mungkin membutuhkan reset sebagaimana di atas, maka langkah berikutnya yang perlu untuk dilakukan tentu saja adalah melakukan reset printer itu sendiri. Ada bagaimana saja macam cara reset printer Epson L210 tersebut? Buat kamu yang belum tahu khususnya, maka beberapa hal di bawah ini mungkin bisa dilakukan untuk melakukan reset printer Epson L210.

1. Reset fisik

Sesuai dengan namanya, cara yang satu ini memanfaatkan perangkat fisik yang dimiliki oleh printermu. Dalam hal ini, kita akan memanfaatkan tombol power dan juga tombol resume yang dimiliki oleh printer Epson L210. Cara yang perlu dilakukan untuk melakukan reset dengan langkah yagn satu ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu menekan tombol power dan tombol resume secara bersamaan selama kurang lebih tiga detik sehingga printer akan reset sendiri dan restart sendiri. Apabila hal ini berhasil kamu lakukan, maka printer akan kembali menyala dari awal sehingga kamu bisa mendeteksi apakah printermu sudah selesai reset atau tidak.

Walaupun cara reset di atas bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi tentu saja penyebab dari masalah yang membutuhkan reset tersebut tidak akan bisa ditangani dengan reset saja, melainkan harus diatasi pula faktor penyebabnya. Misalnya, apabila yang menjadi penyebab printer macet adalah karena tinta habis, tentu saja tinta printer Epson L210 harus diisi terlebih dahulu sebelum dilakukan reset agar bisa berjalan dengan baik. Cara reset ini juga bisa membantumu sebagai cara memperbaiki printer Epson L200 lampu merah menyala lo.

2. Reset melalui aplikasi

Selain melakukan reset secara fisik, cara lain yang bisa dilakukan untuk melakukan reset pada printer adalah dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi reset printer. Untuk melakukan hal ini, caranya juga relatif mudah karena kita hanya perlu mendownload file aplikasi reset, menjalankannya kemudian menunggu hingga proses riset selesai.

Pada dasarnya cara yang satu merupakan alternatif pemberi sinyal reset ke printer agar melakukan riset sebagaimana sinyal yang didapatkan printer dari langkah reset secara fisik dengan menekan tombol power dan resume secara bersamaan. Setelah melakukan cara ini, jangan lupa untuk menerapkan cara cleaning printer Windows 8 apabila kamu menggunakan Windows 8.

Dibandingkan dengan cara reset secara fisik, alternatif cara yang satu ini relatif lebih mudah dilakukan meskipun agak lebih usah untuk persiapannya mengingat harus mendownload dan mencari aplikasi yang cocok untuk printer Epson L210 ataupun printer dengan jenis yang lainnya. Selain itu, kamu juga harus waspada mengingat aplikasi yang kamu download bisa saja mengandung virus dan berbagai macam hal berbahaya lainnya.

Oleh karena itulah, salah satu langkah yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk mendownload adalah melakukan pemeriksaan adakah kandungan berbahaya dalam file yang didownload lewat situs virus total.

Itulah beberapa macam cara reset printer epson L210 yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berbagai macam masalah printer epson L210. Beberapa cara di atas mungkin tidak bisa dilakukan atau bahkan mungkin berhasil dilakukan tetapi tidak memberikan penyelesaian yang kita harapkan, oleh karena itulah kamu harus senantiasa belajar. Kamu juga bisa membaca tips dan trik printer lainnya, seperti misalnya cara memperbaiki printer Canon MP287 tinta hitam tidak keluar.

Selamat memperbaiki printermu!

, , ,
Oleh :
Kategori : Printer