Home » Hardware » Ram » Inilah 4 Cara Kerja RAM pada Sistem Kerja Komputer

Inilah 4 Cara Kerja RAM pada Sistem Kerja Komputer

by Elang Hendy Subrata
by Elang Hendy Subrata

RAM merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai penyimpan data sementara. Biasanya, Fungsi RAM ini, suatu program pada komputer dapat dijalankan dengan baik. Penyimpanan data pada RAM bersifat sementara. Berbeda dengan Harddisk yang cenderung permanen. Isi data di dalam RAM dapat diakses secara acak. Hal ini juga berbeda dengan memori harddisk yang cenderung berurutan.

Cara kerja RAM pada komputer atau laptop pun cenderung berbeda dan memiliki alurnya sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

1. Processor adalah device pertama yang berjalan

Pada saat komputer pertama kali dinyalakan, maka perangkat keras yang pertama kali bekerja adalah bagian Processor. Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi processor adalah dapat mengolah data serta mengaturnya pada setiap perangkat keras lainnya. Contohnya saja pada Harddisk, data yang dikirim dari harddisk nantinya akan diproses pada processor. Meskipun secara teorinya  seperti itu, akan tetapi di lapangan ternyata sukit dilakukan. Hal itu dikarenakan teknologi yang digunakan berbeda antara Harddisk dan Processor.

Perlu Anda ketahui bahwa processor menggunakan jenis komponen digital murni. Pemrosesan data pada processor yang tertinggi saat ini menyentuh angka 6m4 GB/s dengan FSB mencapai 800 MHz. Bandwidth tertinggi pada processor adalah P4.

Pada harddisk sendiri sebagian besar teknologi yang digunakan adalah jenis mekanis yang tentunya lumayan lambat jika dibandingkan dengan versi digital. Bandwidth atau jenis transfer rate harddisk serial ATA dapat mencapai 150 MB/s. Jika kita melihat dari teorinya, kecepatan processor dapat mencapai 46x lebih cepat dibandingkan Harddisk.

2. RAM membantu Processor dalam penyediaan data

Untuk memperkecil beban pada processor, maka dibutuhkan memori utama untuk menjalankan sebuah program, yakni RAM. Jadi, fungsi RAM lainnya selain untuk menyimpan data sementara adalah dapat digunakan juga untuk menyediakan data yang cukup untuk penyediaan data yang super cepat pada processor.

Jika kita melihat fungsinya seperti tad, maka RAM dapat digunakan sebagai harddisk digital. Hal itu disebabkan komponen RAM sudah memakai teknologi digital. Dengan adanya RAM, processor pun tidak perlu harus menunggu adanya kiriman data dari Harddisk.

Untuk RAM yang menggunakan jenis DDR2 memiliki jenis bandwidth sebanyak 3,2 HB/s atau menggunakan jenis PC400. Agar tidak mengganggu pasokan memorinya, saat ini Motherboard menggunakan jenis teknologi Dual Channel sehingga bandwitdhnya dapat dilipatgandakan sampai dua kali sehingga dapat memperbesar arsitekturnya menjadi 128-bit. Jadi, bisa dikatakan dua keping DDR2 dalam mode dual channel bisa memasok data untuk jumlah yang pas ke processor.

3. Cara kerja RAM model lama

Perlu kita ketahui bahwa cara kerja RAM itu dibagi menjadi dua, yakni model lama dan model baru. Perbedaan keduanya terletak pada jalur-jalur yang akan dilalui oleh RAM itu sendiri. Untuk versi yang lama, CPU akan terhubung melalui nortbridge. Nothbridge sendiri merupakan salah satu bagian motherboard yang letaknya ada di bagian awal atau bagian atas motherboard.

Selain terhubung pada nortbridge, CPU juga terhubung pada bagian Address Bus. Control bus, data bus, dan baru terhubung pada RAM. Sistem kerjanya pu adalah Address Bus diletakan pada alamat ke bagian RAM. Setelah itu, bagian Control Bus akan melakukan pengontrolan instruksi-instruksi ke bagian RAM. Selanjutnya data bus akan memasukan data-datanya ke chipset lalu ke bagian nortbridge ke bagian CPU.

4. Cara kerja RAM Model Baru

Untuk cara kerja RAM model baru, northbridge ke bagian CPU tidak ada lagi. Jadi, dari bagian CPU akan langsung terhubung pada bagian Address Bus, control bus, serta data bus yang selanjutnya akan terhubung langsung pada RAM. Hal ini membuat kerja RAM menjadi lebih efisien dibandingkan dengan versi lama. Hal itulah yang membuat semua komputer saat ini menggunakan sistem RAM model baru dibandingka sistem RAM model lama.

Itulah 4 cara kerja RAM pada sebuah komputer. Jika kita melihat sistem kerjanya, RAM sangatlah penting sebagai bagian dari komponen perangkat keras komputer. Sistem kerja RAM pun tidaklah berbeda dengan cara kerja CPU pada sistem komputer saat ini. Oleh sebab itu, banyak hal yang mirip antara kerja CPU dan juga RAM.

Jika Anda ingin mencari referensi lainnya mengenai RAM, Anda bisa coba cara-cari di berbagai sumber seperti jenis-jenis RAM komputer yang sering digunakan pada komputer dan laptop. cara membersihkan RAM laptop dengan mudah, Fungsi SDRAM pada sebuah PC, cara efektif menambah RAM Windows 7,  penyebab RAM cepat penuh,  dan masih banyak lagi.

Dari perjalanan RAM komputer tersebut, kita bisa simpulkan bahwa pengaruh RAM terhadap kerja komputer sangatlah penting. Maka dari itu, RAM merupakan salah satu komponen yang tidak boleh sampai mengalami masalah jika Anda tidak ingin komputer susah dalam menjalankan suatu program. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

You may also like