Sponsors Link

4 Cara Menambah VRAM AMD Paling Mudah

Ada beberapa produsen komponen komputer yang cukup dikenal dan banyak dipakai diseluruh dunia. Salah satunya komputer AMD.  Intel dan Amd dua produsen komputer yang saling bersaing, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Demikian juga dalam segi grafis.

ads

Dalam hal grafis, pengguna GPU AMD memiliki keuntungan lebih dibanding pengguna GPU Nvidia atau Intel, karena AMD sendiri mengeluarkan software seperti AMD Graphic Overdrive untuk meningkatkan performa GPU komputer yang menggunakan GPU AMD dengan cara overclocking.

Jika anda pemilik komputer AMD yang sedang merasa kesal dengan performa grafis anda yang kurang memuaskan, atau tidak dapat menjalankan PES atau game berat lain karena VRAM anda kurang  dan sedang mencari cara untuk meningkatkan performa grafis komputer anda, berikut akan dosenIt paparkan beberapa cara menambah VRAM AMD untuk membantu anda.

1. Menambah VRAM dengan menambah kapasitas RAM

VRAM atau Video Random Access Memory  merupakan tempat penyimpanan sementara image data yang akan di tampilkan pada layar monitor komputer. Misalkan kita memrintahkan suatu program untuk menampilkan gambar, maka pertama kali gambar akan diproses oleh CPU, kemudian di tulis pada VRAM. Setelah itu data akan di convert oleh RAM Digital to Analog Converter (RAMDAC), baru akhirnya ditampilkan pada layar monitor.

Penambahan  RAM Komputer akan menambah kapasitas VRAM yang digunakan komputer anda.  Misalkan RAM anda berukuran 2 GB maka VRAM anda seberar 256 MB. Jika anda meningkatkan RAM dua kali lipat menjadi 4 GB, maka VRAM anda menjadi dua kali lipatnya pula yaitu 512 mb. Begitu pula seterusnya, jika RAM anda 8 GB, VRAM akan menjadi 1 GB.

Jika PC atau Laptop anda memiliki 2 channel/ port RAM, maka performa grafis anda akan lebih baik jiga anda menggunakan dual channel RAM dibanding single channel RAM.  Untuk mengetahui besarnya VRAM anda, anda bisa mengeceknya dengan membuka menu: Control panel > personalization > Display > Change Displey Stting > Advanced Setting. Ukuran yang tertulis pada  Delicated Video Memory tersebut adalah kapasitas VRAM VGA anda.

Baca juga:

2. Menambah VRAM dengan AMD Graphic Overdrive

Seperti telah disebutkan sebelumnya, pengguna AMD memiliki keuntungan tersendiri dalam hal grafis, karena AMD mensuport penggunanya dengan membuat sotware AMD Graphic Overdrive yang dapat memberikan performa ekstra pada GPU Radeon secara gratis. Penggunaannya juga tidak terlalu sulit, hanya diperlukan kehati-hatian saat menggunakannya. Berikut langkah- langkah penggunaan AMD Graphic Overdrive:


  • Klik kanan pada desktop, lalu pilih AMD Catalyst Control Center.
  • Pilih menu Performance > AMD OverDrive pada jendela AMD Catalyst Control Center yang muncul.
  • Klik Accept untuk menyetujui isi lisensi agreement
  • Tunggu hingga menu OverDrive muncul
  • Klik Configure Graphic OverDrive
  • Checklist Enable Graphic OverDrive
  • Ada 3 opsi yang bisa anda ganti pada Graphic OverDrive tersebut:
    • High Performance GPU Clock Setting: untuk melakukan setting clock GPU komputer and.
    • High Performance Memory Clock Settings: untuk melakukan setting clock memory (VRAM) komputer anda.
    • Enable Manual Fan Control: untuk mengatur fan secara manual.
  • Geser slider High Performance Memory Clock Settings untuk meningkatkan performa VRAM komputer anda. Sebaiknya anda juga menambahkan performa GPU.
  • Klik Apply untuk mejalankankan perubahan
  • Tambahan: untuk mengetahui clock maksimal yang anda gunakan, lakukan trial and error. Caranya tambahkan interval memory clock sebanyak 100 Mhz, lalu jalankan game/ program yang anda inginkan. Jika terjadi crash turunkan interval memory clock, lalukan terus hingga anda menemukan clock maksimal komputer anda.

Baca juga:

3. Menambah VRAM dengan menambah Virtual Memory

Dengan menambahkan vitual memory, maka kapasitas RAM anda juga akan bertambah; dengan begitu kapasitas VRAM anda juga bisa bertambah. Virtual memory (baca: fungsi virtual memory) bekerja dengan “meminjam” kapasitas memory hardisk anda. Data dari RAM ditransfer ke ruang memori pada hardisk, sehingga  cara ini akan sedikit mengurangi kapasitas hardisk komputer anda.

Berikut langkah-langkah membuat Virtual Memory untuk menambah RAM

  • Buka menu Start, lalu klik kanan pada My Computer > pilih opsi Properties
  • Buka menu Advanced system setting > Settings
  • Pilih opsi Change pada Tab Advance
  • Uncheck opsi Automatically manage paging file size for all drives
  • Pilih drive yang anda gunakan untuk membuat virtual memory. sebaiknya pilih drive C, atau partisi tempat file sistem operasi tersimpan.
  • Atur ukuran virtual memory yang ingin anda buat pada opsi Costum size. Pada Initial size, saya sarankan isi dengan 1,5 kali kapasitas RAM fisik yang terpasang pada PC anda. Sedangkan pada maksimum size, isikan 3 kalinya.
  • Klik Ok untuk menyimpan pengaturan yang telah anda buat, lalu restart komputer.

Baca juga:


4. Menambah VRAM menggunakan 3D Analyzer

3D analizer bekerja sebagai VGA Virtual dengan ‘meminjam’ sebagian ruang memori RAM, sehingga cara ini akan mengurangi kapasitas RAM komputer anda. Jika RAM anda pas-pasan, sebaiknya tingkatkan dulu kapasitas RAM anda dengan mengupgrade RAM komputer anda. anda bisa membaca artikel ….  sebagai referensi.

3D analyze merupakan program emulator pixel shader yang sering digunakan para pencinta game untuk membantu me-render environment game yang dimainkannya. Dengan bantuan program 3D analize ini, pekerjaan VGA ketika menjalankan program yang berat akan berkurang. Namun sayangnya 3D analyze hanya kompatibel dengan beberapa tipe GPU saja, tidak seperti software AMD Grapchic OcerDrive yang kompatibel dengan semua GPU keluaran AMD. Berikut cara menggunakan 3D analize:

  • Download dan Install 3D Analizer.
  • Jalankan 3D Analize VGA Virtual. Anda bisa memilik program yang akan dijalankan pada kolom select pada kotak dialog.
  • Anda akan menemukan panel – panel di kolom bagian kanan kotak dialog. Sesuaikan panel – panel tersebut dengan kebutuhan anda. Sebagai acuan anda bisa melihat grafik VGA.
  • Klik Run setelah pengaturan selesai dilakukan.

Baca juga:

Demikian artikel mengenai cara menambah VRAM Amd ini. untuk menambah VRAM anda bisa mengupgrade kapasitas RAM fisik, melakukan clocking dengan menggunakan software AMD Graphic OverDrive, menggunakan virtual memoru atau menggunakan 3D Analyzer. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 03rd, May 2017 / 07:57 Oleh :
Kategori : VRAM