Sponsors Link

6 Fungsi Presentation Layer Jaringan Komputer

Sponsors Link

Presentation Layer merupakan salah satu dari 7 buah lapisan atau layer yang menjadi bagian dalam model referensi OSI (OSI Referene Model). Sesuai dengan namanya, presentation layer jaringan komputer merupakan lapisan pada OSI Reference Model yang digunakan untuk mempresentasikan konten dan data di dalam sebuah jaringan komputer. (baca juga: model OSI layer dan fungsinya)

ads

Ada banyak sekali fungsi dari lapisan presentation layer ini, yaitu:

  1. Melakukan enkripsi data atau pesan

Fungsi dari presentation layer yang pertama adalah untuk melakukan enkripsi pada data. Proses enkripsi merupakan proses pengkodean data untuk tujuan keamanan, dimana data baru akan bisa dibuka dan juga diakses ketika sudah dilakukan proses deskripsi. Hal ini dilakukan agar data yang nantinya akan ditransmisikan ke dalam jaringan tidak akan hilang dan juga mudah untuk diretas, sehingga data nantinya akan tetap aman dan juga tidak mengalami masalah dalam proses transmisinya. Selain itu, presentation layer juga memiliki fungsi sebagai deskripsi, yaitu memecahkan kode enkripsi yang disematkan pada data, sehingga bisa diteruskan ke dalam physical layer.

  1. Melakukan proses kompresi dan dekompresi

Ketika suatu data akan ditransmisikan, maka sudah asti ukuran dari data terswebut sangatlah beraga,. Ada yang sedang, kecil, bahkan ada data dengan ukuran yang sangat besar. Maka dari itu, agar data tersebut bisa ditransmisikan dengan baik dan jugalancar, diharuskan melewati tahapan kompresi terlebih dahulu.

Proses kompresi ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang masuk dan ditransmisikan ke dalam jaringan sudah mengecil, sehingga dapat lebih mudah untuk ditransmisikan. Selain proses kompresi, ada pula proses dekompresi, yang merupakan kebalikan dari proses kompresi, yaitu untuk membuka semua file yang sudah dikompres, ke bentuknya semula, untuk ditampilkan pada physical layer.

  1. Melakukan proses pemformatan pada bentuk – bentuk grafis

Merupakan fungsi lainnya dari presentation layer, yaitu melakukan proses pemformatan bentuk grafis. Hal ini terjadi, karena presentation layer merupakan leyer atau lapisan yang dekat dengan application layer atau yang juga dekat dengan output dan juga input. Sistem input dan juga output banyak menggunakan sistem format grafis, sehingga nantinya data yang ditransmisikan did alam jaringan bisa muncul dalam format atau bentuk grafis. Nah, tugas dari presentation layer ini adlaah melakukan proses tersebut, sehingga nantinya data yang berada dalam bentuk grafis bisa diteruskan ke layer atau lapisan berikutnya, begitupun sebaliknya.

Sponsors Link

  1. Mentranslasi konten yang ada

Selain melakukan pemformatan pada bentuk-bentuk grafis, fungsi lainnya dari presentation layer adalah untuk melakukan proses translasi. Proses translasi konten dilakukan agar seluruh jaringan dan juga sistemnya memahami dan juga mampu mengidentifikasi isi dan juga format dari konten tersebut. Hal ini dilakukan agar nantinya proses selanjutnya di dalam jaringan komputer dapat berjalan dengan lancar, dan tidak terjadi kesalahan dalam menyajikan format ataupun konten tertentu di output sistemnya.

  1. Menyajikan data

Fungsi berikutnya dari presentation layer adalah menyajikan data. Sesuai dengan namanya, yaitu presentation, lapisan ini berfungsi untuk mempresentasikan dan menyajikan data dan juga konten yang akan diteruskan, baik ke dalam application layer ataupun ke dalam session layer. Dengan demikian, setiap konten ataupun data yang akan ditransmisikan dapat dipahami oleh jaringan, dan juga keseluruhan sistem yang terhubung ke dalam jaringan tersebut. .

  1. Menentukan tipe data yang ada

Fungsi berikutnya adalah menentukan tipe data yang ada. Ya, presentation layer akan membantu mendefinisikan dan juga menentukan tipe – tipe data yang nantinya akan muncul dan jugakan ditransmisikan ke dalam jaringan tersebut, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pemformatan data.

Protokol yang ada pada presentation layer

Ada beberapa protokol yang berjalan pada presentation layer ini, yaitu:

Sponsors Link

  1. VTP

Protokol yang pertama adalah protokol VTP. VTP ini sendiri merupaka kependekan dari Virtual terminal protocol. Protocol VTP ini memiliki fungsi untuk membuat dan jug amemlihara struktur data, serta melakukan proses translating atau penterjemahan dari terminal menjadi bentuk standar yang umum digunakan.

  1. SMTP

SMTP merupakan protocol berikutnya yang bekerja pada presentation layer. SMTP merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protokol. Protokol SMTP ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk proses pertkaran email, baik email masuk dan juga email keluar yang melewati server email. Dengan begitu, SMTP akan membantu user dalam mengakses email. (baca juga: Pengertian SMTP dan cara kerjanya)

  1. SNMP

SNMP merupakan kependekan dari Simple Network Management Protocol. SNMP ini merupakan protocol yang berfungsi untuk melakukan proses manajemen dan juga proses pengaturan pada sebuah jaringan. Dengan menggunakan protocol ini, maka sebuah jaringan bisa diatur dan juga dimanage dengan baik.

  1. RPC

RPC merupakan kependekan dari Remote Procedure Call, yang merupakan protocol yang berfungsi sebagai pemanggilan jarak jauh pada proses komunikasi di dalam jaringan.

(baca juga: protokol jaringan pada jaringan komputer)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 15th, February 2016 / 09:58 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan