Home » Jaringan Komputer » Internet » 6 Cara Memilih Web Hosting dengan Service Terbaik

6 Cara Memilih Web Hosting dengan Service Terbaik

by Elang Hendy Subrata

Saat aplikasi web telah kita buat, maka langkah selanjutnya adalah tinggal memostingnya ke web hosting. Fungsi web hosting sendiri merupakan tempat untuk mempublikasikan aplikasi web yang telah kita buat pada jaringan internet yang lebih luas. Dalam memilih web hosting pun tidak bisa sembarangan. Perlu banyak pertimbangan yang harus dipenuhi agar website yang kita buat dapat diupload seluruhnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya untuk Anda.

1. Kualitas Server yang dipilih

Sebelum memilih web hosting, langkah yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas server yang dipilih. Hal tersebut sangat menentukan kesuksesan Anda dalam berbisnis di dunia online. Umumnya, kemudahan dalam mengakses website yang kita buat menjadi poin pentingnya.

Selain itu, Anda juga harus melihat beberapa elemen penting seperti lokasi server. Lokasi server pun tentunya jauh lebih baik jika lokasinya berdekatan dengan target konsumen. Contohnya jika target pemasarannya di Indonesia, maka gunakanlah lokasi server di Indonesia. Jika diharuskan di luar Indonesia, maka sebaiknya pilih lokasi yang terdekat dengan Indonesia seperti Malaysia atau Singapura. Hal itu berhubungan dengan keleluasaan jaringan.  

Ditambah lagi, Anda juga disarankan untuk melihat spesifikasi server yang letaknya  ada di bagian data center layanan hosting. Spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah bagian teknologi server, kecepatan processor, kapasitas RAM, jumlah maksimal data harddisk, dan juga kecepatan internet.

2. Kualitas pelayanan

Setelah kita melihat dari sisi spesifikasi komputer yang digunakan, langkah selanjutnya adalah melihat kualitas pelayanan yang diberikan penyedia web hosting. Pada umumnya pelayanan customer bisa dilakukan selama 24 jam. Artinya, mereka harus selalu siap saat dibutuhkan dan selalu dapat menyelesaikan permasalahan sebaik mungkin. Tingkat keramahan pun bisa dijadikan patokan yang bisa dipertimbangkan.

Berikutnya, dari sisi cara pelayanan pun juga perlu diperhatikan. Apakah dapat menggunakan panggilan telepon, email, live chat, dan berbagai komunikasi lannya. Semakin mudah dalam berkomunikasi, maka semakin baik pelayanannya.

3. Harga yang ditawarkan

Tentunya pertimbangan lain yang harus diperhatikan adalah harga yang ditawarkan. Untuk masalah harga ini kembali lagi pada kebutuhan Anda sendiri. Namun, alangkah lebih baik jika Anda melakukan survey terlebih dahulu pada beberapa layanan web hosting yang diberikan. Jangan sampai Anda malah berlangganan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan web hosting lain dengan fasilitas yang sama.

Beberapa pertimbangan yang bisa Anda lakukan adalah spesifikasi jenis paket layanan yang diberikan. Namun, Anda harus menyadari bahwa perbandingan ini harus bersifat adil. Artinya, jika Anda ingin berlangganan dengan fitur yang lebih lengkap tentunya biaya yang dikeluarkan lebih banyak juga.

Contohnya bisa Anda lihat pada layanan VPS dengan layanan paket hosting unlimited biasa akan jauh lebih mahal layanan VPS.  Hal tersebut dikarenakan pada layanan VPS spesifikasi yang ditawarkan jauh lebih tinggi. Selain itu, secara performa pun, penggunaan VPS lebih tinggi dan juga lebih baik.

4. Terdapat garansi

Setiap pelayanan baik jasa maupun barang, adanya garansi merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Jika ada web hosting yang dapat memberikan garansi uang kembali, maka bisa dikatakan web hosting tersebut memberikan jaminan bahwa pelayanan yang diberikan akan memuaskan konsumen.

Jika kita melihat dari sudut pandang pelanggan, maka hal tersebut merupakan salah satu jaminan terbaik. Sebab, tidak semua penyedia jasa maupun barang berani  menjamin hal semacam itu. Jadi, jika Anda merasa dirugikan oleh pihak penyedia jasa, Anda bisa menarik kembali semua uang sewa yang telah diberikan sampai penuh.

Meskipun hampir semua jasa web hosting sudah menrapkan sistem garansi semacam itu, akan tetapi setiap pelayanan jasa memiliki aturannya sendiri. Maka dari itu, sebaiknya Anda perhatikan beberapa aturan yang telah diberikan sebelum benar-benar menggunakannya. Tanyalah pada customer service sampai sedetil mungkin.

5. Adanya fitur tambahan

Bagian ini berhubungan dengan dengan poin ke tiga. Anda bisa mengecek selain fitur utama yang diberikan apakah terdapat fitur tambahan di dalamnya atau tidak. fitur tambahan ini contohnya saja seperti bagian proteksi atau sistem keamanan. Jika terdapat fitur tambahan semacam itu di dalam paket, maka lebih baik Anda memilih paket tersebut. Sistem keamanan sangatlah penting untuk melindungi website buatan kita dari para hacker maupun serangan cyber lainnya.

6. Review para pelanggan

Bagian terakhir adalah review para pelanggan. Melihat pertimbangan orang lain sangat berpengaruh terhadap keputusan kita apakah akan memakai produk tersebut atau tidak. begitu juga dengan memilih web hosting ini. Biasanya kita dapat melihat berbagai review tersebut di dalam website penyedia hosting. Meskipun begitu, kita juga bisa melihat reviewnya melalui blog ataupun forum khusus lainnya.

Itulah cara memilih web hosting terbaik yang mudah dilakukan. Anda bisa pelajari referensi lainnya seperti cara mengembalikan IP Address yang diblokir server hosting, dan juga cara konfigurasi web server yang mudah dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like