Home » Tekno » Youtube » 5 Cara Agar Video Youtube Mudah Dicari oleh Penonton

5 Cara Agar Video Youtube Mudah Dicari oleh Penonton

by Elang Hendy Subrata

Youtube, saat ini menjadi salah satu aplikasi yang tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini tidak terlepas dari beberapa manfaat Youtube yang memberikan banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan itulah yang memberikan alasan orang ingin menjadi Youtuber. Meskipun keuntungan dan kerugian jadi Youtuber untuk pemula begitu banyak, namun faktanya para Youtube baru ini terus tumbuh cukup pesat.

Sejak para pembuat konten Youtube mengetahui cara mendaftar adsense Youtube, banyak orang yang ingin menjadi seorang Youtuber. Bagi Youtuber pemula, hal yang paling sering dilakukan adalah membuat konten video semenarik mungkin. Akan tetapi, membuat konten video yang menarik saja tidaklah cukup.

Sebab, semenarik apapun konten video yang kamu buat, kamu akan kesulitan mendapatkan penonton jika tidak mengetahui caranya. Oleh sebab itu, jika kamu menginginkan banyak penonton yang mampir ke channel Youtube milikmu, berikut adalah tipsnya.

1. Meneliti kata-kata kunci

Sebelum kamu akan membuat sebuah video, akan jauh lebih baik jika kamu melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai beberapa kata kunci yang akan dimasukan pada video. Seperti yang kita tahu, kata-kata kunci ini sangat berpengaruh besar terhadap konten di Internet. Hal ini tidak hana berlaku untuk video Youtube saja, pada sebuah bog pun kata kunci sangat penting digunakan.

Jika kamu telah berhasil melakukan penelitian kata kunci yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya kamu tinggal gunakan kata-kata kunci secara spesifik saat akan membuat video. Dengan begitu, video yang kamu buat kana mudah ditemukan.

2. Buat video dengan jumlah banyak yang memiliki tema sama

Ketika kamu membuat satu video saja dalam satu minggu, maka jangan terlalu berharap videomu akan langsung mudah ditemukan oleh penonton. Perlu setidaknya membuat 2 sampai 4 video dalam satu minggu agar videomu dikenal terlebih dahulu oleh pihak Youtube.

Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa saat kamu melakukan unggah video untuk pertama kali, maka hal pertama adalah dicek terlebih dahulu oleh pihak Youtube. Pengecekan ini adalah sebagai salah satu aturan dari Youtube bahwa video yang diunggah tidak mengandung-hal-hal yang melanggar peraturan. Prosesnya sendiri biasanya hanya beberapa jam saja. maka dari itu, jika kamu membuat banyak video dengan tema yang sama dan itu dilakukan secara terus-menerus, maka vdeo yang kamu buat akan mudah ditemukan oleh penonton seseuai dengan kata kunci yang sudah dicari.

3. Tambahkan deskripsi yang menggunakan kata-kata kunci

Satu hal yang begitu jarang diperhatikan oleh para Youtuber baru, namun hal ini juga tidak kalah penting, yakni penambahan deskripsi. Meskipun terlihat sepele, penambahan deskripsi pun dapat digunakan sebagai metode optimasi SEO. Dengan mengoptimasi SEO melalui deskripsi, maka Youtube pun akan mudah mengkategorikan video yang telah kamu buat.

Jangan lupa bahwa deskrpsi video ini akan lebih efektif jika kamu menggunakan kata-kata kunci. Gunakanlah deskripsi yang singkat, padat, jelas, serta banyak detail. Jangan sekali-kali menggunakan deskripsi yang mengandung click bait atau hoaks. Sebab jika kamu menggunakan deskripsi semacam itu, repuiasi channel yang kamu buat akan buruk, akibatnya orang-orang tidak akan mau melihat video yang kamu buat kembali.

4. Masukan Tag yang sesuai dengan video yang telah dibuat

Tidak jauh berbeda dengan membuat sebuah blog, membuat video pun perlu menggunakan tag. Tag sendiri merupakan sebuah kata kunci yang digunakan untuk membuat kelompok berdasarkan tag yang diisi. Contohnya saja, jika kamu memasukan tag “memasak Nasi Goreng”, maka saat orang-orang mencari kata kunci “Nasi Goreng”, salah satu videomu akan masuk ke dalam daftar pencarian.

Akan tetapi jika kita melhat berdasarkan urutan, jika video yang kamu buat masih sedikit, maka videomu bisa jadi ada di urutan ke belakang dibandingkan 10 besar di bagian depan. Hal ini berkaitan lagi dengan poin kedua.

5. Memosting tautan video ke media sosial

Salah satu cara agar mempercepat videomu dicari oleh calon penonton adalah dengan memosting videomu di berbagai media sosial. Hal semacam ini sama halnya dengan memosting sebuah blog maupun sebuah website baru agar orang-orang minimal mau mengeklik tautan tersebut. Semakin banyak orang yang mengeklik tautan tersebut, maka semakin mudah video yang kamu buat untuk dicari oleh penonton.

Akan tetapi, jangan sampai kamu terlalu sering memosting tautan dalam sehari. Sebab hal tersebut membuat kamu semakin dianggap melakan spam. Jika hal tersebut terjadi, maka channel Youtube atau bahkan akun yang kamu buat akan dihapus oleh pihak Youtube maupun media sosial yang kamu gunakan.

Bisa disimpulkan bahwa salah satu kunci untuk videomu mudah ditemukan adalah penggunaan kata kunci serta sering memosting video baru. Jika kamu sering melakukan hal tersebut secara konsisten, channel yang kamu buat akan semakin mudah dikenali banyak penonton. Untuk bisa mencari referensi lainnya, kamu bisa juga menggunakan konsep cara membuat blog menarik kerena pada dasarnya kedua hal tersebut hampir sama. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat yang banyak untuk kamu semua.

You may also like