Sponsors Link

LCD Laptop Pecah – Penyebab, Perbaikan dan Biaya

Liquid Crystal Display, merupakan perangkat penampil (display) dengan komponen utama berupa kristal cair yang sangat populer digunakan sebagai layar pada berbagai perangkat terutama perangkat mobile, seperti laptop (notebook), smartphone, PC tablet, bahkan jumbotron (namun jumbotron umumnya sudah menggunakan LED). (Baca juga : Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris , Penyebab Monitor Berkedip)

ads

Pada laptop, keberadaan layar LCD sangatlah penting, oleh karena itu kerusahan sedikit saja pada layar LCD akan sangat mengganggu aktifitas dalam penggunaan laptop terutama untuk kebutuhan grafis, video editing dan lain sebagainya, apalagi jika layar LCD laptop pecah, tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu pekerjaan Anda. (Baca juga : Ciri-ciri LCD Laptop Rusak , Cara Mengembalikan Layar Laptop Terbalik)

Penyebab

Layar LCD laptop yang pecah dapat disebabkan oleh beberapa alasan, dan umumnya hal tersebut adalah kesalahan atau keteledoran dari pengguna (human error), diantaranya:

  1. Benturan benda tumpul

Saat laptop dalam keadaan terbuka, layar LCD laptop terkena benturan oleh benda tumpul yang menyebabkan bagian dalam layar LCD pecah (benda tajam biasanya akan benar-benar merobek layar LCD), mungkin terlempari sesuatu dengan keras, atau ada benda diatas laptop yang terjatuh tepat menimpa layar LCD laptop sehingga layar LCD laptop pecah sebagian (hanya bagian yang terkena benturan). (Baca juga : Penyebab Layar Laptop Blank)

Atau bisa saja pengguna lupa menaruh tutup USB Flashdisk, ballpoint, earphone atau benda benda keras lainnya diatas keyboard laptop lalu tanpa sengaja menutup LCD laptop sehingga LCD laptop terbentur pada benda yang ada pada keyboard tadi. (Baca juga : Fungsi Ctrl)

  1. Laptop terjatuh

Saat laptop terjatuh, banyak komponen yang beresiko mengalami kerusakan, termasuk Hard Disk Drive dan layar LCD (bahkan layar LED pun beresiko mengalami kerusakan), benturan keras yang diterima layar LCD saat terjatuh biasanya akan menyebabkan layar LCD laptop pecah secara keseluruhan atau sebagian besar. (Baca juga : Penyebab RAM Berkurang , Penyebab Laptop Mati Tiba Tiba)

Cara Memperbaiki

Mungkinkan layar LCD laptop yang pecah dapat diperbaiki? Sayangnya (menurut Saya) TIDAK, mengapa? Berikut ulasannya.

Layar LCD terdiri dari beberapa lapisan, dan yang sering mangalami kerusakan (dalam hal ini pecah) adalah bagian LCD Matrix, letaknya ada ditengah sebelum Back Light dan setelah Fitur Optik Tambahan (anti-refleksi bayangan, pelindung layar, anti-radiasi, dan lain sebagainya). (Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Komputer Generasi Kelima)

LCD Matrix pun terdiri dari beberapa lapisan diantaranya dibagian paling depan adalah lapisan plastik terpolarisasi, lapisan kaca bagian depan, lapisan filter warna RGB (Red-Green-Blue), lapisan kristal cair (komponen yang “pecah” saat mengalami benturan atau tekanan keras), lapisan kaca bagian belakang, dan lapisan plastik terpolarisasi bagian belakang. (Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Macet)

Jadi untuk memperbaiki Layar LCD Laptop yang pecah, adalah dengan cara mengganti lapisan kristal cair yang ada pada bagian matriks, dan hal itu sangat sulit (bahkan mustahil) dilakukan kecuali dengan semua perlengkapan yang mendukung (misalnya dilakukan oleh perusahaan pembuatnya). (Baca juga : Cara Cek VGA Laptop)


Oleh karena itu untuk memperbaiki Layar LCD Laptop yang pecah yang paling mudah dan yang paling mungkin adalah dengan mengganti keseluruhan layar LCD laptop dengan yang baru, pastikan ukuran layar LCD dan posisi serta jenis video connector pada layar LCD pengganti sesuai dengan video connector pada kabel flexibel laptop. (Baca Juga: Software Gratis Untuk Edit Video)

Untuk menekan biaya, Anda dapat mencari layar LCD bekas dari teknisi komputer yang Anda percaya, dengan syarat sebagai berikut:

  1. Layar LCD bekas dari laptop yang sama persis

Misalnya Anda memiliki laptop Lenovo G40 series, sebaiknya cari layar LCD bekas yang berasal dari laptop yang sama, bahkan kalau bisa yang sama persis, misalnya layar LCD bekas dari laptop Lenovo G40-80. (Baca juga : Penyebab Kerusakan Hard Disk , Cara Bootable Flashdisk)

  1. Layar LCD bekas dengan bentuk layar dan posisi serta jenis video connector yang sama

Bentuk layar yang dimaksud adalah ukuran layar (10inchi, 10.1inchi, 11inchi, 12inchi, 14inchi, dan lain sebagainya) dan posisi lubang untuk baut, beberapa laptop (biasanya yang satu merek) menggunakan layar LCD yang serupa baik dari segi bentuk dan posisi bautnya. (baca juga: Fungsi Tombol Alt , Perbedaan Komputer Server dan Client)

Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah jenis dan posisi video connector pada layar LCD, karena jika posisinya berbeda (jauh) maka connector kabel fleksibel pada laptop Anda tidak akan sampai ke layar LCD.

Atau anda dapat mencarinya di toko online, jika Anda tidak menemukan layar LCD bekas dari kenalan Anda, perhatikan statusnya apakah baru atau bekas. (Baca juga : Fungsi LCD Proyektor)

Biaya Perbaikan (penggantian layar LCD) dan Resiko

Harga layar LCD laptop bervariasi tergantung kondisi (baru atau bekas), ukuran, jenis, dan faktor lain yang mempengaruhi harga jualnya, namun sebagai gambaran harga layar LCD laptop (notebook) dengan ukuran 10inchi sekitar Rp200.000 hingga Rp250.000 dengan kondisi bekas, sedangkan yang kondisinya baru (original) sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000. (baca juga: Penyebab Monitor No Signal Detected)

Untuk layar LCD bekas yang berukuran 14inchi, kisaran harganya sekitar Rp600.000 sampai Rp900.000, namun ada juga layar LCD 14 inchi kondisi baru yang seharga Rp750.000, tergantung kualitas.

Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim jika Anda memesan layar LCD pengganti melalui toko online serta ongkos jasa reparasi jika Anda menggunakan jasa orang lain (teknisi komputer) untuk mengganti layar LCD laptop Anda. (Baca Juga: Fungsi Kabel UTP , Cara Agar Komputer Tidak Lemot)

Jika layar LCD laptop Anda pecah, maka sebaiknya pertimbangkan Apakah Anda akan menggantinya dengan mencari layar LCD laptop bekas dari teknisi komputer yang ada disekitar Anda atau mencarinya secara online (baru atau bekas).


Dengan membeli layar LCD laptop dari teknisi komputer (tukang service komputer) biasanya layar LCD tersebut merupakan “cabutan” atau istilahnya “kanibalan” dari laptop serupa yang rusak namun layar LCDnya masih bagus, hal itu memang ekonomis karena kita bisa tawar-menawar mengingat barangnya merupakan barang bekas namun kita tetap bisa memastikan kondisinya meskipun sepintas (setidaknya memastikan layarnya masih mulus). (baca juga: Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting)

Sedangkan jika Anda membeli dari toko online maka resikonya adalah waktu pengiriman yang cukup lama (beberapa hari) yang tentunya akan sangat mengganggu jika laptop yang bersangkutan harus cepat-cepat diperbaiki karena alasan pekerjaan, sebenarnya pengiriman dapat dipercepat dengan biaya kirim yang lebih mahal pula. (Baca juga : Fungsi Monitor LCD)

Rekomendasi

Jika Anda tidak yakin dapat mengganti sendiri layar LCD laptop yang rusak dengan yang baru, maka Anda dapat meminta jasa teknisi komputer yang Anda anggap ahli dalam bidangnya dengan perhitungan yang jelas, misalnya biaya jasa pemasangan layar LCD sebesar Rp50.000 dan layar LCD penggantinya seharga Rp400.000. (Baca juga : Cara Mengatasi Komputer No Signal)

Anda dapat memperhitungkan dengan membandingkan (untuk biaya minimal dan hasil optimal) apakah membeli layar LCD pengganti (kondisi bekas) dari teknisi komputer seharga sekian dengan jaminan garansi lokal (biasanya teknisi professional menjamin bahwa dalam waktu sekian hari atau minggu layar LCD kembali rusak maka teknisi komputer tersebut akan memperbaikinya dengan bebas biaya). (Baca juga : Penyebab Laptop Mati Tiba-Tiba)

Sekian pembahasan mengenai layar LCD laptop yang pecah, semoga bermanfaat setidaknya sebagai gambaran sekaligus bahan pertimbangan Anda yang mengalami masalah serupa, keep learning.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 08th, March 2017 / 16:35 Oleh :
Kategori : Monitor