10 Penyebab Charger Laptop Tidak Mengisi Sama Sekali

Kelebihan yang paling utama dalam penggunaan laptop dibandingkan dengan PC desktop adalah portabilitasnya, laptop mudah dibawa kemana saja, digunakan dimana saja, tanpa harus tergantung pada sumber listrik utama seperti halnya PC desktop. (Baca juga : Penyebab Laptop Mati Tiba-tiba , Pengaruh RAM Terhadap Kerja Komputer)

ads

Setiap perangkat elektronik (berbasis komputer) portable baik itu laptop, smartphone, PC tablet dan perangkat lainnya memiliki sumber tenaga listrik yang portabel juga (baterai), bentuknya bisa bermacam-macam, tegangannya pun bervariasi, namun satu hal yang sama dari semua baterai pada perangkat elektronik portable apapun, yaitu baterainya harus diisi ulang (charge) secara berkala.(Baca juga : Penyebab Monitor Berkedip , Penyebab RAM PC Penuh)

Oleh karena itu, (dalam hal ini) laptop bukannya tidak memerlukan sumber listrik, namun tenaga listrik yang dibutuhkan dapat dipenuhi oleh baterai hanya hingga kapasitas baterainya habis, setelah habis baterai perlu diisi ulang menggunakan charger khusus yang terhubung ke sumber listrik utama. (Baca juga : Penyebab RAM Berkurang ,  Penyebab Laptop Mati Sendiri)

Namun apa jadinya kalau charger laptop tidak dapat mengisi baterai meskipun telah dihubungkan pada sumber listrik (stopkontak)? Tentu saja laptop tidak akan dapat menyala dengan baterai, dan hanya akan menyala jika terhubung dengan chargernya saja, nah bagaimana kalau laptop tidak mau menyala meskipun charger sudah dihubungkan? (Baca juga : Penyebab Laptop Mati Total , dampak CPU usage 100%)

Beberapa laptop yang pernah Saya tangani mengalami hal seperti demikian, ada yang chargernya terhubung ke sumber listrik dan laptop dapat dinyalakan namun baterainya tidak terisi, ada pula yang laptopnya matot (mati total), tidak menyala sama sekali meskipun charger telah terhubung, apa penyebabnya?silahkan simak uraiannya berikut ini. (Baca juga : Penyebab Laptop Susah Dihidupkan ,  Cara Cek VGA Laptop)

1. Masalah pada steker charger

Masalah charger laptop tidak mengisi mungkin disebabkan oleh sambungan antara kabel power pada charger dengan stopkontak yang rusak atau longgar, beberapa steker charger laptop membutuhkan conektor khusus untuk dapat dihubungkan ke stopkontak (steker berkaki tiga). (Baca Juga:  Perbedaan Antara Intel dan AMD)

Steker berkaki tiga membutuhkan konektor khusus untuk dapat dihubungkan dengan stop kontak standar (dua lubang), biasanya konektor untuk steker berkaki tiga memiliki saklar sendiri yang dilengkapi dengan lampu indikator, dalam hal konektor tersebut rusak biasanya lampu indikator tidak menyala. (Baca juga : Penyebab Laptop Sering Not Responding)

2. Masalah pada kabel charger

Beberapa kondisi kabel (yang kasat mata) mungkin mengindikasikan kerusakan pada kabel charger laptop (bukan adapternya), misalnya robekan pada kabel charger, isolasi yang sudah rusak, bau seperti plastik terbakar, atau mungkin bekas lipatan pada kabel. (Baca juga : Jenis Socket Processor, Jenis Processor AMD)

Kabel yang terputus didalam jaket pembungkusnya (yang tidak kasat mata) juga akan sangat berpotensi membuat charger laptop tidak mengisi, biasanya hal tersebut disebabkan oleh tarikan yang cukup kuat pada kabel charger tersebut. (Baca juga : Penyebab Laptop Restart Sendiri)

3. Masalah pada adapter charger

Beberapa adapter charger laptop dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi adanya masalah pada komponen catu daya, misalnya adanya ketidakstabilan arus listrik (naik-turun dengan cepat) sehingga membahayakan elemen catu daya didalamnya. (Baca Juga: komputer sering restart)

Oleh karena itu untuk menghindari masalah yang lebih serius, adapter charger laptop tersebut berhenti bekerja (dengan sendirinya) selama beberapa saat, adapter charger universal (non-original) biasanya tidak dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

Sehingga banyak kasus (yang cukup sering Saya alami) adapter charger laptop yang berasap karena adanya elemen yang terbakar saat digunakan, hal tersebut tentunya tidak akan dialami oleh adapter charger bawaan laptop (original charger). (Baca juga : Penyebab Kerusakan Hard Disk Drive)


4. Masalah pada sambungan kabel charger

Beberapa charger laptop memiliki kabel yang terpisah antara bagian charger yang terhubung ke stopkontak dengan bagian charger yang terhubung ke laptop, biasanya bagian tersebut dapat dipisahkan dari adapternya. (Baca juga: penyebab kerusakan processor pada laptop)

Dalam kasus charger laptop tidak mengisi (memasok daya ke baterai), ada kemungkinan sambungan charger bermasalah, misalnya ada kotoran pada penghubung kabel power (yang dihubungkan langsung dengan stopkontak) dengan adapter charger. (Baca juga : Penyebab Motherboard Mati Total)

5. Masalah pada konektor charger (pada ujung kabel)

Konektor charger (yang terhubung ke port pada laptop) yang bermasalah dapat meyebabkan aliran listrik dari adapter charger terganggu, akibatnya baterai tidak terisi walaupun laptop terhubung ke charger laptop. (Baca juga : Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting)

6. Masalah pada port charger (pada laptop)

Atau jika setelah gonta-ganti charger laptop (dengan charger yang sama persis) masalah masih belum teratasi, maka ada kemungkinan port pada laptop yang bermasalah, biasanya ada debu atau kerikil yang menempel sehingga mengganggu koneksi konektor charger dengan port charger pada laptop. (Baca juga : Cara Bootable Flashdisk)

7. Masalah panas berlebih pada laptop

Jangan sepelekan laptop yang panas karena dapat mengakibatkan banyak masalah baik pada perangkat keras maupun perangkat lunak pada laptop,  termasuk dapat mengganggu proses pengisian daya. (Baca juga : Cara Memperbaiki Baterai Laptop Yang Cepat Habis)

8. Masalah pada sambungan laptop dengan baterai laptop

Beberapa jenis laptop memiliki baterai yang dapat dilepas dengan mudah, biasanya dari bagian bawah laptop dengan membuka kunci tertentu tanpa membutuhkan alat khusus, baterai seperti demikian memiliki konektor logam (tembaga). (Baca juga : Processor Paling Tinggi Saat Ini)

Saat konektor tersebut bermasalah (biasanya disebabkan oleh kotoran atau cairan) maka pasokan daya dari charger ke baterai laptop akan sangat terganggu, hal tersebut juga dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lain bila dibiarkan. (Baca juga : Ciri-ciri Adaptor Rusak)

9. Masalah pada baterai laptop

Baterai laptop yang sudah lama digunakan biasanya kemampuan menyimpan dayanya menurun, hal tersebut diindikasikan dengan kapasitas baterai yang cepat habis dan waktu pengisian yang lebih lama dari baterai normal.

Bahkan baterai laptop yang sudah usang (rusak) sama sekali tidak dapat menyimpan daya, sehingga berapa lamapun laptop di-charge baterai akan tetap kosong tidak terisi. (Baca juga : Cara Agar Laptop Tidak Panas)


10. Masalah pada driver baterai

Driver sangat penting dalam integrasi perangkat keras dengan perangkat lunak (termasuk sistem operasi), oleh karena itu masalah “tidak berfungsinya” suatu perangkat keras yang terhubung ke laptop termasuk charger (dan baterai) laptop mungkin disebabkan oleh driver yang tidak (atau kurang) optimal. (Baca juga : penyebab kerusakan RAM pada laptop, kapasitas RAM terbesar saat ini)

Beberapa sistem operasi memang sudah dilengkapi dengan built-in driver untuk berbagai baterai, namun instalasi perangkat lunak (termasuk driver lain) mungkin dapat menyebabkankan driver baterai yang telah terlebih dahulu terinstal menjadi terganggu.

Oleh karena itu, charger laptop tidak mengisi bukan karena charger (kabel, adapter, port) laptop yang rusak, bukan juga baterainya yang rusak, melainkan (ada kemungkinan) sistem operasi yang terinstall tidak dapat mengintegrasikan charger laptop dengan baterai yang terpasang. (Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Password Laptop)

Kesimpulan

Berdasarkan uraian diatas maka masalah yang mungkin menyebabkan charger laptop tidak mengisi diantaranya:

  1. Steker charger yang terhubung ke stopkontak rusak atau longgar.
  2. Kabel power charger yang terhubung ke stopkontak (jika ada) rusak.
  3. Adapter charger rusak atau berhenti bekerja sementara secara otomatis.
  4. Kabel charger yang terhubung ke laptop rusak.
  5. Konektor charger (male) yang dihubungkan ke port pada laptop rusak, malfungsi atau kotor.
  6. Port charger (female) pada laptop rusak, malfungsi, atau kotor.
  7. Laptop mengalami panas berlebih (over-heat).
  8. Elemen konektor pada baterai rusak, basah atau kotor.
  9. Baterai sudah usang sehingga tidak dapat menyimpan daya.
  10. Masalah pada driver baterai laptop

(Baca juga: Cara Mencegah Komputer Terkena Virus , Bahaya Virus Komputer)

Demikian uraian tentang penyebab charger laptop tidak mengisi, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan serta menjadi solusi untuk yang membutuhkan, stay foolish.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 18th, March 2017 / 01:31 Oleh :
Kategori : Baterai